PARODI

Antara Jokowi dan Raknamo

Presiden Jokowi datang lagi ke Kupang. Sudah berapa kali ya bapak kita yang kutilang alias kurus tinggi langsing itu datang ke tanah karang?

Antara Jokowi dan Raknamo
DOK POS KUPANG
Maria Matildis Banda

POS-KUPANG.COM, KUPANG --- Presiden Jokowi datang lagi ke Kupang. Sudah berapa kali ya bapak kita yang kutilang alias kurus tinggi langsing itu datang ke tanah karang?

Kali ini Presiden Jokowi datang untuk meninjau pembangunan Bendungan Raknamo. Bendungan super besar di Sungai Noel Puamas, Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang.

***

"Kenapa ya Presiden kita ini suka sekali datang ke wilayah-wilayah susah seperti di kampung kita ini," Tanya Rara.

"Mungkin di sini banyak orang kutilang sara alias kurus tinggi langsing saku rata," jawab Jaki sambil tertawa. "Presiden ingin sekali melihat kita menjadi bikutilang tasabung alias biar kurus tinggi langsing tetapi saku kembung."

"Makanya kita perlu siap-siap sejak sekarang supaya tidak jadi kutilang rata, pada hal bendungan ada di hadapan mata," kata Nona Mia.

"Siap-siap untuk apa?" Tanya Rara dan Jaki bergantian.
"Siap-siap menyongsong jadinya bendungan, beroperasinya pembangkit tenaga listrik, para pekerja siap, dan petani gembira, dan kehijauan terhampar sejauh mata memandang," kata Nona Mia. "Bukankah air sumber kehidupan?"

***

"Bendungan dibangun sejak Desember 2014, sudah mencapai 15,76 persen, dan diharapkan selesai tahun 2019, empat tahun lagi. Luas genangannya mencapai 147,3 hektar. Luar biasa! Karena mampu mengairi 1,250 hektar dengan kapasitas penyediaan air baku 0,10 meter kubik per detik. Menurut jubir Presiden, Teten Masduki, bendungan dapat mengurangi debit banjir sebesar 310 meter kubik per detik.

Diperkirakan menelan anggaran Rp 710,6 miliar, bendungan ini dipastikanakan pembangunan Pembangkit Tenaga Listrik, dapat menciptakan 2,668 hektar lahan potensial sawah," Benza membaca catatan itu untuk ketiga sahabatnya. "Jadi kita harus siap mental lahir batin untuk hadapi kemurahan yang diberikan bendungan."

Halaman
123
Editor: omdsmy_novemy_leo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved