Breaking News:

Ende Kembali Menggelar Pentas Apresiasi Seni

Pentas seni panggung apresiasi seni budaya Ende-Lio yang berlangsung di Taman Renungan Pancasila, Kota Ende meriah, Sabtu (7/2/2015) malam.

POS KUPANG.COM, ENDE -- Pentas seni panggung apresiasi seni budaya Ende-Lio yang berlangsung di Taman Renungan Pancasila, Kota Ende berlangsung meriah, Sabtu (7/2/2015) malam. Para seniman baik perorangan maupun kelompok menampilkan berbagai atraksi seni malam itu. Tidak ketinggalan paduan suara dari Polres Ende ikut berpartisipasi.

Ketua Panitia Marmi Kusuma mengatakan Panggung Apresiasi Seni Budaya Ende Lio lahir dari tekad bersama pelaku seni dan budayawan di Kabupaten Ende dalam rangka pelestarian seni budaya Ende Lio, sekaligus menjabarkan program pemerintah Kabupaten Ende di bidang pariwisata. Kegiatan perdana itu dimotori Sanggar Casabel pimpinan Drs. Amatus Peta.

Marmi menjelaskan acara itu digelar untuk mendorong kreativitas pelaku seni budaya di bidang seni pertunjukan dan menumbuhkan minat masyarakat khususnya generasi muda untuk lebih mengenal, memahami, dan menghargai seni pertunjukan. Selain itu mnciptakan iklim kebersamaan para pelaku seni, seniman dan remaja di Kabupaten Ende.

Bupati Ende, Ir. Marsel Petu dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini memberi kesempatan kepada seniman dan seluruh lapisan masyarakat yang berkepentingan di bidang kesenian untuk menyalurkan kreativitas dan produktivitasnya.

"Kesenian akan hidup apabila di dalamya ada kreativitas, yaitu kreatif dalam membuat, kreatif dalam menggelar, kreatif dalam mensosialisasikan, serta kreatif dalam menghidupi dirinya," kata bupati. Dia menambahkan, panggung apresiasi seni itu dibutuhkan mengingat kurangnya forum yang mewadahi proses berkesenian dan promosi bagi pengembangan kreativitas seniman maupun sanggar- sanggar seni pertunjukan untuk terus menggali dan mengembangkan kemampuannya dalam menciptakan karya-karya seni terbaik.

Dikatakannya, kekayaan dan keragaman seni budaya memiliki nilai norma dan fungsi bagi masyarakat pendukungnya. Hal ini menjadi salah satu potensi dalam meningkatkan kreativitas pelaku seni di Kabupaten Ende. Namun demikian para kreator di bidang seni juga dituntut untuk arif dalam memilih dan memilah sumber kreativitas untuk ikut mengambil peran dalam pencaturan industri kreatif dan perkembangan global. Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Ende, Drs. Djafar Achmad, Ketua DPRD Kabupaten Ende, Herman Yosep Wadhi dan Kapolres Ende, AKBP Johanes Bangun. (rom)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved