Cuaca Ekstrem

Penyeberangan Feri Bajo-Sape Dibuka Lagi

Sigid menjelaskan, belum bisa dipastikan sampai kapan dibukanya kembali lintasan penyeberangan tersebu

Penyeberangan Feri Bajo-Sape Dibuka Lagi
POS KUPANG/DION M KOTA
Satu kapal feri berlabuh di Pelabuhan Bolok, Senin (5/1/2015), karena pelayaran untuk semua lintasan ditutup. 

POS KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Penyeberangan kapal feri lintasan Labuan Bajo-Sape dan sebaliknya, dibuka untuk sementara mulai Selasa (6/1/2015). Lintasan ini sempat ditutup sejak  Sabtu (3/1/2015) akibat gelombang mencapai tiga meter lebih dan angin kencang.

"Penyeberangan feri dari Labuan Bajo menuju Sape sudah dibuka kembali untuk sementara sejak dinihari tadi (Selasa, Red) sekitar pukul 02.00 Wita. Ada dua kapal feri yang diberangkatkan dari Labuan Bajo ke Sape. Sedangkan dari Sape ke Labuan Bajo ada satu unit yang diberangkatkan," kata Supervisi Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Labuan Bajo, Sigid Purnomo, ketika ditemui, Selasa (6/1/2015).

Sigid menjelaskan, belum bisa dipastikan sampai kapan dibukanya kembali lintasan penyeberangan tersebut. Sebab, kondisi cuaca akan berubah-ubah.
Khusus untuk penyeberangan Labuan Bajo-Waekelo di Sumba Barat Daya (SBD), Sigid mengatakan, sampai saat ini belum bisa dibuka karena cuaca buruk masih terus berlangsung.

Dijelaskannya, kapal feri yang berangkat dari Labuan Bajo menuju Sape adalah KMP Cakalang II dan KMP Marina Primera. "Untuk pemberangkatan berikutnya, kami masih harus menunggu berita dari syahbandar dan update perkiraan cuaca terbaru dari BMKG yang terus kami monitor," kata Sigid.

Kondisi cuaca pada saat pemberangkatan dua unit kapal feri dari Labuan Bajo menuju Sape dan satu unit dari Sape ke Labuan Bajo sangat baik. Menurutnya, tinggi gelombang antara satu meter sampai 1,5 meter dan angin relatif berkurang dibanding sebelumnya.

Kepala Syahbandar Labuan Bajo, Usman Husin, ditemui terpisah, mengatakan, dua unit kapal feri dari Labuan Bajo menuju Sape sudah tiba di Sape. Sedangkan dari Sape ada satu unit kapal feri yang diberangkatkan menuju Labuan Bajo, yaitu Cakalang I.

"Hari ini (Selasa, Red) kondisi agak baik dan normal. Sedangkan beberapa hari sebelumnya penyeberangan feri ditutup karena kondisi cuaca memburuk," kata Usman.
Sebelumnya diberitakan, penyeberangan kapal feri lintasan Labuan Bajo-Sape dan Labuan Bajo-Waekelo di Sumba Barat Daya (SBD) pulang pergi (PP) ditutup total mulai Sabtu (3/1/2015) akibat cuaca buruk. Tinggi gelombang mencapai tiga meter dan kecepatan angin 20 knot per jam. (ser)

Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved