Prajurit TNI Bangun Desa Randotonda

Prajurit TNI di Kabupaten Ende melakukan kegiatan TMMD di Desa Randotonda, Kecamatan Ende dan Kelurahan Rewarangga, Kecamatan Ende Utara.

POS KUPANG.COM, ENDE - Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI)  yang bertugas di Kabupaten Ende  melakukan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Randotonda, Kecamatan Ende dan Kelurahan Rewarangga, Kecamatan Ende Utara. TMMD difokuskan pada kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan TMMD berlangsung sejak 9 hingga 29 Oktober 2014.

Wadan Satgas Ops TMMD ke 93 T.A 2014  Peter G. Untayana pada saat pembukaan kegiatan, Kamis (8/10/2014) mengatakan, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu bentuk darma bhakti TNI dalam rangka meningkatkan kondisi ruang, alat dan kondisi (RAK) wilayah menjadi kekuatan RAK juang yang tangguh.

Dikatakannya,  ketahanan akan terwujud bila wilayahnya cukup mandiri dan sejahtera sehingga melalui kegiatan TMMD dapat menjadikan Kecamatan Ende dan Ende Timur mencapai kesejahteraan masyarakat melalui Kemanunggalan TNI Rakyat.

Desa Randotonda, Kecamatan Ende dan  Kelurahan Rewarangga dipilih karena banyak hasil perkebunan masyarakat di sana yang rusak karena kesulitan transportasi. Inipun sesuai permintaan masyarakat. Sasaran fisik pada pelaksanaan TMMD berupa pembuatan jalan baru sepanjang 5 km dengan lebar 6 meter, pembuatan bak air minum dan pembuatan cross way.

Sedangkan kegiatan non fisik berupa penyuluhan bela negara  dan cinta tanah air oleh Kaban Kesbangpolinmas Kabupaten Ende, penyuluhan kebersihan lingkungan dan dampak kerusakan hutan (Kadis Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ende), Penyuluhan Pertanian dan Peternakan (Kaban BKP3), Penyuluhan Kesehatan dan KB dan Pelayanan Kontrasepsi (Kadis Kesehatan dan Kaban BKBKS Kabupaten Ende), penyuluhan Pam Swakarsa (Kapolres Ende), Penyuluhan Wawasan Nusantara (Dandim 1602/Ende)

Menurut Peter, dengan perintisan jalan diharapkan dapat meningkatkan sarana transportasi. Secara umum TMMD tahun 2014 melibatkan anggota  Kodim 1602/Ende  sebanyak 74 orang, Kompi C Yonif 743/Psy  sebanyak 40 orang, TNI AL sebanyak lima orang, TNI AU sebanyak lima 5 orang, Polres Ende 10 orang, Pemda 14 orang, Sub Den Pom dua orang dan masyarakat sebanyak 120 orang. (rom)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved