Kabinet Jokowi JK

Jokowi Diminta Bentuk Menko Maritim

Menurut dia, Jokowi juga diharapkan merealisasikan pembangunan terusan Sulawesi untuk

Jokowi Diminta Bentuk Menko Maritim
TRIBUN / DANY PERMANA
Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla memberikan keterangan pada wartawan terkait porsi kabinetnya, di Rumah Transisi Jokowi-JK, Jakarta, Senin (15/9/2014). Rencananya Kabinet Jokowi-JK akan diperkuat 34 kementerian yang terdiri dari 18 orang profesional dan 16 orang dari partai politik. 

POS KUPANG.COM, YOGYAKARTA  -Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) diharapkan membentuk Menteri Koordinator Maritim untuk mengoptimalkan potensi kelautan dan perikanan Indonesia.

"Menteri Koordinator (Menko) Maritim itu membawahi Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, Kementerian Pariwisata, dan Dewan Kelautan," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto di Yogyakarta, Sabtu (11/10/2014), seperti dikutip Antara.

Di sela simposium "developing Indonesia maritime potential through maritime education as a response to global dynamics", ia mengatakan, pembentukan Menko Maritim itu untuk merealisasikan program-program Jokowi dalam bidang kelautan dan perikanan.

Menurut dia, Jokowi juga diharapkan merealisasikan pembangunan terusan Sulawesi untuk mewujudkan Indonesia poros maritim dunia.

Terusan Sulawesi merupakan rencana pembangunan sebuah terusan yang berada di Pulau Sulawesi dengan tujuan menjadi jalur laut internasional yang ramai. Selain itu, juga akan akan memperpendek jarak transportasi laut dari wilayah timur Pulau Sulawesi menuju wilayah barat Indonesia, serta ke Filipina, Malaysia, dan Australia.

"Terusan itu memotong leher Pulau Sulawesi. Dengan adanya terusan itu Pulau Sulawesi akan terbagi menjadi dua karena dipisahkan oleh laut di terusan tersebut," katanya.

Sebelumnya, Jokowi akan membentuk empat kementerian koordinator dalam kabinetnya mendatang. Total ada 33 kementerian. Namun, Jokowi-Jusuf Kalla belum mengungkap nama kementerian dan siapa saja yang akan mengisi.

Editor: Putra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved