Salam Pos Kupang

Gunakan Media Sosial dengan Tepat

Di Keuskupan Agung Kupang, Komisi Komsos menyambut momentum ini dengan menggelar seminar yang melibatkan para wartawan Katolik.

Gunakan Media Sosial dengan Tepat
Net
Ilustrasi Handphone

PADA hari Minggu, 1 Juni 2014, Gereja Katolik sejagat memperingati Hari Komunikasi Sosial ke-48.

Di Keuskupan Agung Kupang, Komisi Komsos menyambut momentum ini dengan menggelar seminar yang melibatkan para wartawan Katolik di aula Katedral Kristus Raja Kupang, Sabtu (31/5/2014), dan puncak peringatannya dirayakan dalam misa, Minggu (1/6/2014).

Melalui momentum ini, Gereja Katolik hendak menegaskan pengakuannya terhadap peranan media komunikasi sekaligus mensyukuri perkembangannya  hingga dewasa ini.

Media komunikasi, bagaimanapun, telah turut melancarkan tugas Gereja dalam meningkatkan kesejahteraan dan membawa umat semakin dekat pada Tuhan.

Media massa/sosial dan para pekerja media patut bersyukur atas sikap Gereja ini. Setidak-tidaknya menyadari bahwa pekerjaan di bidang media massa/sosial bukan sekadar pekerjaan untuk mencari makan, tetapi juga mengambil bagian dalam tugas Gereja untuk menyelamatkan sesama dan lingkungan serta memuliakan Tuhan.

Media sosial bisa mengambil bagian dalam tugas tersebut manakala pekerja media mampu menggunakan media komunikasi dengan benar dan tepat. Hal itu bisa dilakukan kalau para pekerja media bersikap jujur dan menghayati nilai-nilai cinta kasih.


Selain itu, pekerja media haruslah menguasai penggunaan media-media sosial baik secara ekonomis maupun secara teknis. Dengan demikian, penggunaan media tidak malah memiskinkan, tetapi meningkatkan kesejahteraan karena terjadi efisiensi.

Pengguna media juga perlu menguasai secara teknis peralatan- peralatan media sosial agar meringankan pekerjaan dan mendatangkan kebahagiaan dan bukan menjadi penghambat dan menyengsarakan.

Lebih dari itu, agar pengguna media tidak menjadi korban tipu muslihat dari orang-orang yang ingin memanfaatkan ketidaktahuan kita menggunakan teknologi komunikasi.

Hal ini menuntut para pekerja media sosial untuk tidak berhenti belajar, apalagi teknologi komunikasi berkembang begitu cepat. Jangan sampai kita ketinggalan teknologi.*

Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved