Pemilu 2014

Caleg Adukan Panwas Manggarai ke Bawaslu

Calon anggota legislatif (caleg) Manggarai, Maria Immaculata Moto, dan Konstantinus Gagur mengadukan Panitia Pengawas Pemilu

Caleg  Adukan Panwas Manggarai ke Bawaslu
Net

Laporan Wartawan Pos Kupang, Egy Moa

POS KUPANG.COM, RUTENG -- Calon anggota legislatif (caleg) Manggarai,  Maria Immaculata Moto, dan Konstantinus Gagur mengadukan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Manggarai ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT, Selasa (29/4/2014).

Panwas dinilai tidak independen dan profesional menyelesaikan pelanggaran pemilu legislatif dan DPD, Rabu 9 April 2014.

"Kami harap Bawaslu NTT lebih independen dan profesional menyikapi pelanggaran,"  harap Maria,  diamini Konstantinus di Ruteng, Senin (28/4) malam.

Maria menilai,  Panwaslu mengabaikan laporan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh  Kanisius Janta, saksi Partai NasDem. Krisantus Dacing, dan anggota KPPS, Stefanus Jemaun di TPS 01 Desa Gelong, Kecamatan Lelak ketika pemungutan suara.

Kanisius  membagikan potongan kertas yang bertuliskan nama caleg kabupaten, propinsi, pusat dan DPD kepada KPPS.

Para pemilih yang mendapat kertas tersebut menyerahkan kepada anggota KPPS dan saksi Partai NasDem untuk  dicoblos oleh KPPS dan saksi Partai NasDem.  Padahal ketentuan pemilu melarang pencoblosan menggunakan alat bantu, apalagi oleh orang lain seperti saksi dan KPP, kecuali kepada pemilih tuna netra dan tuna daksa.

KPPS juga memasukkan Kanisius Janta ke dalam Daftar Pemilih Tambahan Khusus  yang menggunakan Surat Izin Mengemudi (SIM) luar daerah.

Pengaduan  itu ditanggapi Panwas menerbitkan rekomendasi pertama hari Selasa (22/4/2014)  yang menyatakan pelanggaran pidana dilakukan oleh Kanisius Janta, Krisantus Dacing, dan Stefanus Jemaun.  Namun,  di  hari Sabtu (26/4), Panwaslu merekomendasikan tak  ditemukan  pelanggaran pidana,dan Kanisius Janta tidak memenuhi panggilan Panwaslu. *

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved