Pemilu 2014

68 Surat Suara Sisa Dicoblos, Panwaslu Mabar Rekomendasikan Pemilu Ulang

Sebanyak 68 surat suara sisa di TPS Dangka Desa Compang Kecamatan Macang Pacar Kabupaten Manggarai Barat

68 Surat Suara Sisa Dicoblos, Panwaslu Mabar Rekomendasikan Pemilu Ulang
Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Servatinus Mamilianus

POS KUPANG.COM, LABUAN BAJO -- Sebanyak 68 surat suara sisa di TPS Dangka Desa Compang Kecamatan Macang Pacar Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), sengaja dicoblos diduga untuk Caleg tertentu.

Dari jumlah tersebut, untuk Caleg DPRD Kabupaten Mabar sebanyak 63 surat suara yang dicoblos pada Caleg nomor urut 4 dari PKB. Sedangkan 5 surat suaranya dicoblos untuk Caleg nomor 5 dari PKB juga.

Ketua Panwaslu Kabupaten Mabar, Maximus Waris, menyampaikan itu kepada Pos Kupang pada Hari Kamis (24/4/2014) sore.

Dia menjelaskan, pihaknya sudah memberikan rekomendasi kepada KPU Kabupaten Mabar tetapi tidak ditanggapi.

"Rekomendasi kami ada dua, yaitu pertama 68 surat suara sisa yang malah sengaja dicoblos itu harus kembali menjadi surat suara sisa. Sehingga suara Caleg nomor 4 dari PKB untuk kabupaten itu tetap 7 suara atau bukan 70 suara, karena ternyata 63 surat suara yang dicoblos untuk Caleg tersebut sebenarnya surat suara sisa. Demikian juga untuk Caleg nomor 5 dari PKB, suaranya harus menjadi 15 atau bukan 20 suara. Dengan alasan yang sama karena 5 surat suara yang dicoblos untuk Caleg itu sebenarnya merupakan surat suara sisa," kata Maximus.

Dia menambahkan, rekomendasi kedua yang telah disampaikan kepada KPU Mabar, yakni harus dilakukan pencoblosan ulang di TPS Dangka, karena pada 68 surat suara sisa yang dicoblos itu ternyata tidak diketahui secara jelas, apakah juga ada pencoblosan kepada Caleg DPRD Propinsi, Caleg DPR RI dan DPD atau malah tidak dicoblos sama sekali.

"Kami sudah memberikan rekomendasi kepada KPU tetapi tidak ada respon," kata Maximus.*

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved