Pemilu 2014

Orang Yang Meninggal Ikut Coblos di Ende

Pada saat perhitungan maupun pleno di tingkat desa hal itu tidak terungkap. Kasusnya baru terungkap saat pleno di PPK Kecamatan Ndona

Orang Yang Meninggal Ikut Coblos di Ende
SERAMBI/M ANSHAR
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Romualdus Pius

POS KUPANG.COM, ENDE -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ende menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) ulang di TPS 04 Wologeru, Desa Nilla, Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende,  Sabtu (19/4/2014).

Ketua KPU Kabupaten Ende, Florentinus H Wadhi mengatakan hal itu di hadapan para pengurus Partai Politik (Parpol), Panwaslu dan pihak kepolisian pada saat rapat pemantapan pleno hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, Rabu (16/4/2014).

Florentinus mengatakan pelaksanaan Pemilu ulang di TPS 04 Wologeru dilakukan setelah KPU Kabupaten Ende mendapatkan rekomendasi dari Panwascam, Kecamatan Ndona.

Pemilu legislatif ulang di TPS ini terpaksa dilakukan setelah PPS mencoblos semua kertas suara sisa. PPS melakukan itu karena keliru mengenai Golput, sehingga semua surat suara sisa dicoblos.

Akibat tindaknya itu ujar Budi maka diketahui ternyata ada orang yang sudah meninggalpun ikut mencoblos begitupun dengan mereka yang telah pindah domisili maupun yang menjadi TKI keluar negeri.

"Pada saat perhitungan maupun pleno di tingkat desa hal itu tidak terungkap. Kasusnya baru terungkap saat pleno di PPK Kecamatan Ndona yang dikemukan oleh seorang Caleg,"kata pria yang biasa dipanggil Budi.

Atas kasus itu ujar Budi maka KPU Kabupaten Ende menyetujui untuk menggelar Pemilu ulang di TPS 04 Wologeru.

"Warga yang mengikuti Pemilu di TPS 04 Wologeru hanya mereka yang telah terdaftar di DPT sebanyak 232 orang karena logistikpun disediakan untuk 232 orang ditambah  2 persen,"kata Budi.

Budi menjelaskan untuk menghindari segala kemungkinan negatif dari pelaksanaan Pemilu ulang di Wologeru maka logistik terutama kretas suara akan langsung disortir oleh anggota KPU bukan oleh staf sektariat.

Kapolres Ende, AKBP Musni Arifin yang hadir dalam pertemuan tersebut mengharapkan kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan sehingga dengan demikian pelaksanaan Pemilu Ulang di Wologeru dapat terlaksana dengan baik.

Polisi demikian Kapolres Musni siap untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu ulang di Wologeru.*

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved