Pilkada Kabupaten Kupang

Ayub Titu Eki-Korinus Masneno Menang Satu Putaran

Pasangan Ayub Titu Eki-Korinus Masneno (YURI) menang telak dalam Pilkada Kabupaten Kupang 2013.

Ayub Titu Eki-Korinus Masneno Menang Satu Putaran
POS KUPANG/JULIANUS AKOIT
Saksi Paket Viktory dan saksi Paket YURI sedang membubuhkan tanda tangan dalam berita acara pleno rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara pilkada Kabupaten Kupang, Kamis (12/9/2013). 

POS KUPANG.COM, OELAMASI -- Pasangan Ayub Titu Eki-Korinus Masneno (YURI) menang telak dalam Pilkada Kabupaten Kupang 2013.  Paket ini berhasil 'mengkanvaskan' enam paket lain sebagai pesaingnya dalam perolehan suara.

Hasil rekapitulasi oleh KPUD Kabupaten Kupang memastikan paket YURI  mengumpulkan 63.229 suara atau 44,10 persen dari total pemilih dalam DPT sebanyak 193.337 orang. Dengan demikian Pilkada Kabupaten Kupang dipastikan berlangsung cuma satu putaran.

Rapat pleno rekapitulasi dibuka oleh Ketua KPUD Kabupaten Kupang, Hans Louk, didampingi empat anggotanya, Imanuel Ballo, Migel E Nitbani, Octovianus DJ La'a dan Johanes Tunbonat. Rapat pleno digelar di gedung pertemuan Gereja Elim Oesao, Kamis (12/9/2013) siang.

Rapat pleno rekapitulasi ini tidak dihadiri para saksi dari tiga paket lainnya yaitu Manora (Steven Derven Manafe-Maher S.H. Ora), Abdi (Alexander Foenay-Beny R Ndoenboey) dan Ataupah-Kase (Melitus Ataupah-Soemin Kase).

Tidak ada pemberitahuan resmi kepada pihak KPU kenapa para saksi dari tiga paket itu tidak hadir.  Sedangkan saksi dari empat paket lainnya tetap hadir dan membubuhkan tandatangannya dalam berita acara pleno rekapitulasi perolehan suara.

Dalam proses rekapitulasi Kamis siang, saksi dari Paket Sahabatku sempat mengajukan protes keras soal mekanisme rekapitulasi perolehan suara sementara di tingkat PPK.

Saksi mengungkapkan saat rekapitulasi di tingkat PPK mereka tidak mendapat surat undangan dari PPK. Namun dijelaskan bahwa surat undangan telah disediakan namun alamat sekretariat tim sukses tidak jelas dan siapa yang bertanggungjawab menerima surat undangan itu pun tidak jelas.

"Saksi dari tiga paket yang tidak hadir dan tidak membubuhkan tandatangan dalam berita acara tidak mempengaruhi hasil pleno hari ini. Hasil pleno rekapitulasi hari ini sah adanya," tandas Jubir KPUD Kabupaten Kupang, Imanuel Ballo, saat dihubungi Kamis malam.

Dari rapat pleno rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara pasangan cabup-cawabup Kupang, Kamis siang, Ballo menegaskan paket Yuri dipastikan menang mutlak satu putaran dalam pilkada Kabupaten Kupang. "Dan tanggal 14 September 2013 KPUD Kabupaten Kupang akan menetapkan pasangan cabup-cawabup terpilih," tandas Ballo.

Pantauan wartawan, rapat pleno rekapitulasi perolehan suara umumnya berjalan lancar, aman dan tertib. Aparat Polres Kupang dibantu Satkinmas dan Pol PP mengawal secara ketat rapat pleno tersebut. (ade)

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved