Pilkada Nagekeo

Jadwal Pilkada Nagekeo Putaran Kedua Belum Jelas

Jadwal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) putaran kedua Kabupaten Nagekeo belum jelas.

Laporan Wartawan Pos Kupang, Adiana Ahmad

POS KUPANG.COM, MBAY -- Jadwal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) putaran kedua Kabupaten Nagekeo belum jelas.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nagekeo harus s berkoordinasi kembali dengan Pemerintah Kabupaten Nagekeo dan DPRD setempat dalam rangka penetapan jadwal pelaksanaan putaran kedua Pilkada Nagekeo.

Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Propinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Yohanes Depa didampingi anggota KPU NTT Yos Dasi Djawa yang ditemui di Mbay, Minggu (4/8/ 2013), mengatakan penyelenggaraan Pilkada Nagekeo  putaran kedua antara Paket Lilin ( Elias Djo - Paulinus Nuwa Veto ) dan Paket Serius (Servasius Podhi - Ibrahim Jusuf) tetap akan dilaksanakan.

John Depa mengatakan, seharusnya pada  Minggu (4/8/2013) atau Senin (5/8/2013) ada pertemuan  dengan Pemda Nagekeo dan DPRD Nagekeo. Namun setelah berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah ( Sekda ) Nagekeo, Yulius Lawotan, pertemuan tersebut tidak  dapat dilaksanakan karena seluruh kantor sudah masuk masa libur Lebaran.

John Depa dan Yos Dasi Jawa akhirnya hanya menggelar pertemuan dengan staf sekretariat KPU Nagekeo.

Dikatakannya, KPU Propinsi NTT baru merespon perintah Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP)
untuk menindaklanjuti pelaksanaan Pilkada Nagekeo
setelah mendapat penyampaian resmi dari  DKPP tentang keputusan pemberhentian tetap  lima Anggota KPU Nagekeo.

Dengan keputusan itu, lanjut John Depa,  pihaknya langsung menggelar rapat pleno pada Jumad ( 2/8/2013) untuk menetapkan pemberhentian lima Anggota KPU Nagekeo.

Ia mengatakan,  pemberhentian anggota KPU kabupaten/ kota harus dengan keputusan KPU propinsi karena KPU propinsi yang mengeluarkan SK pengangkatan terhadap anggota KPU Kabupaten.

"Setelah mendapat pemberitahuan resmi lima Anggota KPU Nagekeo dipecat dari anggota KPU pada hari Kamis (1/8/2013), mulai saat itu mereka sama sekali tidak dibenarkan beraktifitas di KPU Nagekeo. Memang keputusan yang tidak pernah kita duga tetapi itulah keputusan DKPP yang wajib ditaati,"kata Depa.

Terkait jadwal Pilkada Nagekeo putaran kedua yang telah ditetapkan KPU Nagekeo tanggal 29 Agustus 2013, John Depa menjelaskan, tergantung pada kesiapan dan pembicaraan bersama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Nagekeo, DPRD Nagekeo karena ada kaitan dengan anggaran.*

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved