Pilkada Nagekeo

Lilin Tak Terkejar, Serius Menyalib Doa

Hasil sementara perolehan suara pada Selasa (9/7/2013), diprediksikan Pilkada Nagekeo berpeluang dua putaran.

Lilin Tak Terkejar, Serius Menyalib Doa
POS KUPANG/ADHIANA AHMAD
HITUNG SUARA--Penghitungan suara hasil Pilkada Nagekeo di TPS 04, Kelurahan Mbay 1, Kecamatan Aesesa, Senin (8/7/2013).

Laporan Wartawan Pos Kupang, Adiana Ahmad

POS KUPANG.COM, MBAY -- Hasil sementara perolehan suara pada Selasa (9/7/2013), diprediksikan Pilkada Nagekeo berpeluang dua putaran. Tiga paket masing- masing Lilin (Elias Jo-Paul Nuwa Veto), Serius (Servasius Podhi- Ibrahim Yusuf), dan Doa (Don Bosco Do- Gaspar Batubata, S.H) saling mengklaim bakal melaju ke putaran kedua.

Posisi Selasa kemarin, paket Serius (Servasius Podhi-Ibrahim Yusuf)  menyalip Paket Doa (Don Bosco Do- Gaspar Batubata, S.H). Untuk sementara paket Serius naik ke posisi kedua dengan perbedaan suara tipis 26 suara.  Sedangkan paket Lilin (Elias Jo-Paul Nuwa Veto) tak terkejar, tetap kokoh di urutan pertama.

Data yang dihimpun dari Panitia Pengawas Pemilua (Panwaslu) Nagekeo, Selasa (9/7/2013), pukul 11.00 Wita, menyebutkan perolehan suara Paket Lilin  naik menjadi 19.457 suara (28,54 persen), Paket Serius 13.100 suara (19,21 persen), Paket Doa 13.074 suara (19,17 persen), Paket Teman  (Theofilus Woghe- Haji Ahmad Daeng) 6.521 suara (9,56 persen),  Paket Laskar  (Wolfgang Lena-Rikardus Wawo) 5.746 suara (8,42 persen), Paket Lukas-Os (Lukas Tonga-Yoseph Juwa Dobe Ngole) 5.347 suara (7,84 persen) dan Paket Piet-Lorens (Piet Nuwa Wea-Florentinus Pone)  4.926 suara (7,22 persen) dari total suara sah yang masuk 68.171 suara.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nagekeo  belum merilis data terbaru Pilkada Nagekeo. Untuk menghindari spekulasi, KPU Nagekeo  memutuskan untuk merilis data hasil Pilkada Nagekeo setelah penghitungan final perolehan suara.

Merujuk pada hasil sementara pada Selasa (9/7/2013),  dipredisikan Pilkada Nagekeo
berpeluang dua putaran.  Paket Lilin telah memastikan diri melaju ke putaran kedua jika Pilkada Nagekeo harus berlangsung dua putaran. Satu tiket lagi masih diperebutkan Paket Doa dan Paket Serius.

Meski sementara paket Serius unggul, namun paket Doa tetap optimis masuk putaran kedua. "Berdasarkan data sementara yang disiarkan KPU Nagekeo dan data formulir C1, kami masih unggul dari Serius. Karena itu, kami yakin lolos putaran kedua," kata Calon Bupati Paket Doa, dr. Don Bosco Do, ketika dihubungi Pos Kupang, Selasa (9/7/2013) pagi.

Informasi yang diperoleh, Don Bosco telah membangun komunikasi dengan empat paket, yaitu Teman, Laskar, Lukas-Os dan Piet-Lorens yang langkahnya terhenti di putaran pertama.  Keyakinan yang sama datang dari Paket Serius.

Banyak pihak berprediksi, jika Doa yang masuk pada putaran kedua untuk bertarung dengan paket Lilin, pertarungan Pilkada Nagekeo putaran kedua akan berlangsung menarik dan ketat dibandingkan Paket Serius.  

Pertimbangannya, kekuatan paket Doa lebih merata dibanding Serius.  Doa diperkirakan akan mendapat dukungan kuat dari Nangaroro, Mauponggo, Wolowae, Aesesa Selatan dan  Aesesa. Doa juga bisa mencuri suara dari Boawae.  Namun jika Serius yang melaju ke putaran kedua, kekuatan akan terkonsentrasi di Boawae, tambahan  di Mauponggo, Nangaroro dan Keo Tengah.

Tim Pemenangan Paket Lilin juga berharap Serius yang masuk ke putaran kedua dibanding Doa. Menurut beberapa anggota tim pemenangan Paket Lilin, jika yang dihadapi pada putaran kedua, paket Serius, maka seluruh paket yang kalah pada putaran pertama, terutama dari Pantai Utara mempunyai kecenderungan untuk bergabung ke Lilin dibanding bergabung ke Paket Serius.*

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved