Rp 125 M untuk Bangun RSUD Borong

BORONG, POS KUPANG.COM -- Kabupaten Manggarai Timur (Matim) layak memiliki sebuah rumah sakit umum daerah (RSUD) di Borong. Dinas Kesehatan setempat sudah melakukan studi kelayakan dan sudah disetujui Pemprop dan Depkes RI, Januari 2010. Dibutuhkan dana Rp 125 miliar untuk membangun rumah sakit tipe C itu.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan dan Sosial (Kesos) Matim, dr. Philipus Mantur mengatakan itu saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/2/2010).

Mantur menjelaskan, studi kelayakan untuk mendirikan RS Tipe C di Matim sudah dilakukan sejak Agustus 2009 dan hasilnya daerah ini layak didirikan sebuah RS Tipe C.

"Kami bersama tim studi kelayakan sudah melaporkan hasil ke propinsi dan Depkes dan disetujui," jelas Mantur.

Dia menjelaskan, aspek yang dinilai dalam studi kelayakan meliputi aspek kebutuhan daerah, data tentang penyakit, data kematian, ketersediaan lahan, dana dan sumber daya manusia (tenaga dokter).

Dari semua aspek itu, tambahnya, Matim sudah memenuhi syarat. Yang masih mengganjal adalah membuat UKL melalui kerja sama dengan lingkungan hidup.    

"Kami akan berjuang agar bisa direalisasikan karena kita tidak mungkin terus berharap pada RSUD di Ruteng. Mudah-mudahan tahun 2010 sudah ada realisasi dan pertama yang akan kami buat adalah master plan," kata Mantur.

Dia mengakui untuk mendirikan RSU Tipe C butuh  anggaran sekitar Rp 125 miliar, butuh pula persiapan SDM tenaga medis, dokter dan dokter spesialis. "Kita sudah mengirim orang untuk studi lanjutan agar bisa memenuhi persyaratan itu," katanya. (gg)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved