Spirit NTT Nomor 176 Tahun IV, Edisi 14-20 September 2009

Osmaru, Melelahkan Tapi Kaya Makna

MAUMERE, SPIRIT--Masa orientasi mahasiswa baru (Osmaru) hendaknya dilihat sebagai sebuah kesempatan emas yang harus dimanfaatkan secara efektif dan efisien, singkat namun padat, melelahkan namun kaya makna. Osmaru merupakan kegiatan yang menjengkelkan, namun susah untuk ditolak. Karena Osmaru lebih beriorientasi pada apa yang menjadi input, proses dan output selama para mahasiswa/i baru berada di Kampus Unipa.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum Osmaru Tahun Akademik 2009 Universitas Nusa Nipa (UNIPA), Drs. Yoachim Duu, dalam laporannya pada kegiatan pembukaan Osmaru di halaman Utama Kampus Universitas Nusa Nipa, Jalan Kesehatan Maumere, Rabu (9/9/2009).

Yoachim menjelaskan, pelaksanaan Osmaru ini berdasarkan SK No.1082/00.A.NN/R/2009 tentang pelaksanaan Osmaru. Kegiatannya berupa pengenalan kampus bagi mahasiswa baru. Fokusnya, pada studi atau kegiatan yang lebih bernuansa akademik. Hal ini dilakukan sesuai dengan motto UNIPA, non scolae sed vitae discimus.

Rektor Universitas Nusa Nipa Maumere, P. Dr. Wilhelm Djulei Conterius,SVD, dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan Osmaru 2009 UNIPA, mengatakan Osmaru merupakan sebuah tradisi yang baik dari dunia kampus bagi mahasiswa baru sebelum memasuki dan mengambil bagian dalam perkuliahan.

"Berkenaan dengan ini, mahasiswa baru hendaknya menyadari bahwa kegiatan ini merupakan suatu persiapan dan peneguhan bagi mahasiswa baru sebelum memasuki masa perkuliahan yang sesungguhnya," jelas Wilhelm Djulei.

Sebagai mahasiswa angkatan kelima5 di Universitas Nusa Nipa, para peserta Osmaru dituntut hal yang sama yaitu menanamkan kemauan, itikat dan kehendak baik untuk terlibat dan mengambil bagian secara sungguh-sungguh demi menyukseskan pendidikan di Kampus UNIPA.

Kepada para calon mahasiswa UNIPA, juga diharapkan untuk mengambil bagian dalam semua kegiatan belajar mengajar di UNIPA dengan sabar, tekun dan disiplin yang tinggi. Dengan sadar dan tanggung jawab serta bijaksana teristimewa di dalam program studi dan dalam bidang ilmu yang akan kamu geluti dan tekuni demi mencapai cita-cita.

Sebagaimana disampaikan Sekretaris Seksi Humas Panitia Osmaru 2009 Universitas Nusa Nipa Maumere, Aleksandro P Poto, kegiatan Osmaru Tahun Akademik 2009/2010 ini diikuti 479 mahasiswa/i baru dan 12 mahasiswa/i lama yang tahun lalu belum mengikuti Osmaru.

Kegiatan Osmaru ini berlangsung selama tiga hari sejak Rabu (9/9/2009) hingga Jumat (11/9/2009). Kegiatannya antara lain seminar, pengenalan kampus, fakultas dan sistem pendidikan yang ada di UNIPA. Selanjutnya dilakukan kegiatan bhakti sosial dengan mengambil lokasi di lingkungan Kampus Universitas Nusa Nipa, Pasar Kota Baru dan Pusat Perbelanjaan serta pertokoan di Maumere.
Pembukaan Osmaru ditandai dengan pengenaan atribut berupa topi yang terbuat dari koran dan pengenaan papan nama dari gardus, yang secara simbolis dikenakan Rektor UNIPA P. Dr. Wilhelm Djulei Conterius, SVD, kepada dua perwakilan mahasiswa baru peserta Osmaru.
Hadir pada kesempatan tersebut, Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi UNIPA, Pembantu Rektor, Kepala Biro, para dekan, ketua program studi, para dosen, pegawai dan karyawan/ti serta segenap civitas Universitas Nusa Nipa Maumere. (tim humas sikka)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved