Spirit NTT Nomor 176 Tahun IV, Edisi 14-20 September 2009

Sekolah Kelas Jarak Jauh Beratap Daun

KUPANG, SPIRIT--Pendidikan kelas jarak jauh tingkat sekolah dasar (SD) di Desa Fatuteta, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, beratap daun palm Timor, berdinding pelepah palm dan jendela ditutup dengan belahan bambu. "Sekolah ini masih darurat, sehingga hanya beratap daun, dan berdinding 'bebak' (pelepah sejenis palm Timor yang disebut gewang)," kata Camat Amabi Oefeto, Monarchi Dethan, di Kupang, Senin (31/8/2009).

Untuk pembangunan sekolah tersebut, katanya, masyarakat telah menghibahkan tanah seluas tiga hektare. Tanah tersebut dihibahkan empat suku yang ada di Desa Fatuteta, yakni Suku Hekamnusi, Hekamnuke, Thumbanat dan Baitanu. "Sekolah tersebut akan dibagi tiga ruangan, untuk tiga kelas satu sampai tiga," katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan Amabi Oefeto, Marthen Jawa mengatakan pembentukan sekolah kelas jarak jauh ini dibuka, karena jumlah siswa di sekolah induk, yakni SD Pukdale tidak mampu menampung jumlah siswa yang ada.

Selain itu, katanya, sekolah dan rumah penduduk sangat jauh, sehingga membutuhkan waktu lama untuk mencapai sekolah. Apalagi, para siswa harus berjalan kaki berkilo-kilo meter.

Jumlah siswa dari sekolah induk yang akan dipindahkan ke kelas jarak jauh darurat itu sebanyak 60 siswa, yakni SD Pukdale sebanyak 56 siswa, terdiri atas 19 murid kelas satu, 24 murid kela dua dan 13 murid kelas tiga serta tambahan dari SD GMIT Tuatuka sebanyak delapan siswa.

Dia mengatakan, dari semua sekolah kelas jarak jauh, kelas di Desa Fatuteta tergolong agak baik, karena perhatian masyarakat terhadap masalah pendidikan di desa ini cukup tinggi. Hal itu terbukti adanya bantuan sarana-prasarana berupa bangku, meja dan bangunan sekolah serta peralatan lain, seperti papan tulis.

"Dibandingkan dengan sekolah kelas jarak jauh lainnya, sekolah ini masih terbilang bagus. Karena ada sekolah yang tidak miliki bangku dan meja," katanya. (ant)
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved