Spirit NTT Nomor 176 Tahun IV, Edisi 14-20 September 2009

2010, BPS Kabupaten Kupang Adakan Susduk

KUPANG, SPIRIT--Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kupang pada bulan Mei 2010 akan melakukan sensus penduduk (Susduk). Kegiatan ini berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Kupang, Drs. Marthen Kalle, saat ditemui SPIRIT NTT di ruang kerjanya, Kamis (3/9/2009). "Badan Pusat Statistik wajib menyediakan data dasar dari Susduk ini," katanya.

Ia mengatakan, salah satu agenda United Nation di bawah payung PBB, yakni pada tahun 2010 hampir di seluruh negara akan melakukan Susduk yang sama. Tujuannya agar di tahun yang sama PBB dapat mengetahui berapa jumlah penduduk di Indonesia termasuk dunia.

Marthen mengatakan, walaupun pelaksanaan Susduk baru pada tahun 2010, tapi mulai pertengahan tahun 2009 sudah dilakukan persiapan-persiapan termasuk persiapan peta wilayah baik kecamatan maupun desa. Peta ini kata dia, merupakan data dasar yang harus dipersiapkan lebih awal. Ia juga mengatakan akan digunakan peta hasil foto satelit karena lebih akurat dari pada gambar secara manual.

Ia mengatakan, pelaksanaan Susduk yang dilaksanakan tiap 10 tahun ini bertujuan untuk memperbaharui data penduduk baik secara rumah tangga maupun person, termasuk data sumber daya yang dimiliki oleh masyarakat. Sebagai penunjang dalam pelaksanaan Susduk tahun 2010, maka Kabupaten Kupang telah membentuk kelompok kerja lapangan sebagai garis koordinasi. Artinya, yang bertanggung jawab adalah BPS sedangkan tanggung jawab koordinasi wilayah dilakukan secara berjenjang mulai dari gubernur, bupati dan seterusnya.

Marthen Kalle menjelaskan, personil Susduk akan direkrut dari desa masing-masing. Sebelum diterjunkan ke lapangan, mereka akan dilatih untuk mengetahui materi-materi wawancara kepada masyarakat. Personil yang direkrut juga berpendidikan minimal SMA karena yang dituntut adalah bisa menulis huruf latin dan penulisan angka secara baik dan benar.

Pada bagian lain, Marthen Kalle mengharapkan seluruh masyarakat di Kabupaten Kupang, agar ketika didatangi petugas Susduk dapat memberikan jawaban yangbaik dan benar karena sangat menentukan laju pembangunan di Kabupaten Kupang. (humas pemkab kupang)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved