Breaking News:

Lapran Servan Mammilianus

Gereja Sumba Masuk Babak Baru

TAMBOLAKA, POS KUPANG.Com -- Dengan pentahbisan Mgr. Dr. Edmund Woga, CSsR menjadi Uskup Weetabula, Kamis (16/7/2009), gereja di Sumba memasuki babak baru.

Uskup Edmun diharapkan bisa menjadi gembala yang baik dan lebih dekat dengan umat sehingga kehidupan menggereja di Sumba menjadi semakin maju.


Upacara tahbisan kemarin dihadiri oleh Duta Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Leopoldo Girelli, Kardinal Julius Darmaatmadja,  22 uskup, empat orang vikjen, sekitar dua ratusan imam, Ketua KWI, Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya dan Nyonya Lusia Adinda Lebu Raya, Ketua Gereja Kristen Sumba (GKS), tujuh pastor dari tarekat Redemptoris dari Jerman dan satu bruder, pimpinan Redemptoris Propinsi Santu Clemens Belanda,  para pendeta, tokoh-tokoh agama dan ribuan umat Katolik di  Sumba.

Hadir juga Bupati dan Wakil Bupati  Sumba Barat Daya, Bupati Sumba Tengah, Bupati Sumba Barat, Bupati Sumba Timur, Bupati Lembata, dan Bupati Sikka, dan ribuan umat Katolik Sumba.

Uskup Edmund Woga, CSsR menggantikan Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira, SVD yang pindah dan menjadi Uskup Maumere.  Uskup Edmund adalah  imam Redemptoris pertama di Indonesia yang diangkat Tahta Suci Vatikan menjadi uskup. Mgr. Kherubim bertindak sebagai uskup pentahbis, didampingi Mgr. Vincentius Sensi Potokota, Pr (Uskup Agung Ende), dan Mgr. Johannes Pujasumarta, Pr (Uskup Bandung).

Sudah sejak pukul 07.00 Wita lapangan upacara tahbisan di Seminari Sinar Buana, dijejali sekitar delapan ribuan umat dan undangan lainnya. Misa pentahbisan dimulai pukul  09.00 Wita hingga 13.00 Wita.

Beberapa umat yang ditemui oleh Pos Kupang di tempat upacara berharap agar tugas pengembalaan dari uskup baru bisa diwujudkan dengan penuh kasih kepada semua umat. "Sebelumnya saya ucapkan selamat kepada uskup baru. Kami menyimpan banyak harapan pada beliau, khususnya untuk menjalankan fungsi pengembalaan secara konkrit. Umat yang berada di stasi dan paroki-paroki ingin mendapat pelayanan. Kalau bisa kunjungi kami secara rutin, mungkin seminggu sekali," kata Gabriel Balla Bili, umat dari Paroki Kererobbo.  

Harapan yang sama juga diutarakan Ketua Lingkungan Santu Agustinus, Paroki Roh Kudus Weetebula, Yoseph Kalumbang. "Harapannya, semoga dengan adanya uskup baru kehidupan Gereja Katolik di keuskupan ini bisa lebih berkembang pesat. Dan umat bisa menerima pelayanan yang maksimal. Untuk itu perlu ada kerja sama yang seimbang antara gereja secara institusi dengan umat, saya juga ucapkan selamat buat uskup baru kita," kata Yoseph yang ditemui secara terpisah di tempat itu.

Umat lainnya, seorang siswi kelas III SMA, Ferdiana Mahoga, berharap agar umat di keuskupan itu semakin merasakan fungsi penggembalaan. "Saya hanya melihat semua umat di keuskupan ini bisa digembalakan dengan baik. Karena kita hanyalah domba-domba yang butuh bimbingan. Selamat buat uskup baru," kata Mahoga dengan polos.

Uskup Kherubim pada sapaan awalnya mengatakan bangga dengan uskup baru. "Saya bangga bisa mentahbis uskup pengganti saya saat ini," kata Mgr. Kherubin.  Beliau berharap momen tersebut bisa menjadi babak baru bagi kehidupan gereja yang semakin mengimani Yesus dan berkarya penuh kasih.

Sedangkan Mgr. Vincentius Sensi Potokota, Pr dalam kotbahnya mengatakan, uskup baru telah termotivasi oleh rahmat penebusan, dan rahmat itu harus ditularkan kepada semua umat. "Rahmat penebusan yang telah diterima hendaknya ditularkan kepada semua umat. Allah yang menjamin keselamatan yang paripurna, dan sekarang telah dititipkan ke pundak Mgr. Edmund untuk disebarkan ke semua umat di keuskupan ini," kata Mgr. Vincentius.

Setelah ritus pentahbisan, uskup baru diperkenalkan kepada seluruh umat yang hadir. "Saudara-saudara sekalian, Keuskupan Weetebula kini mempunyai seorang uskup baru yang akan memimpin umatnya untuk mempersatukan kita pada  Kristus. Inilah uskup kita, Mgr. Edmund Woga," kata Mgr. Vincentius disambut tepuk tangan meriah dari semua umat serta pekikan payawau.  (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved