Kanal

Ini yang Dilakukan TNI Meningkatkan Minat Baca Anak-anak Perbatasan

- POS KUPANG.COM/TENNI JENAHAS

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, ATAMBUA---Keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan, khususnya buku pelajaran dan buku penunjang membuat guru-guru yang mengajar di sekolah sekolah perbatasan kesulitan dalam meningkatkan minat membaca peserta didiknya.

Hal ini yang menginspirasi anggota Pos Mahen, Satgas Pamtas RI-RDTL untuk melaksanakan kegiatan perpustakaan keliling di SDN Alibete, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, Provinsi NTT, Selasa (11/9/2018).

Baca: Meningkat Kasus Diare! Kepala Puskesmas Bati-TTS Tak Pulang Rumah

Kepala Sekolah SDN Alibete, Agus Triswanto S.Pd mengatakan, SDN Alibete mengalami keterbatasan sarana dan prasarana khususnya buku buku pelajaran dan buku bacaan lainnya. Guru-guru sudah berusaha memotivasi peserta didik soal gerakan literasi namun terkendala dengan persedian buku.

Baca: Kota Kupang Hasilkan 64 Ton Sampah Sehari

Baca: Hari Pertama PORProv 2018! Kota Kupang Kumpulkan 2 Medali Emas

Triswanto merasa bersyukur dan berterima kasih kepada kepada Satgas Pamtas RI-RDTL Pos Mahen yang sudah melaksanakan kegiatan perpustakaan keliling. Kegiatan ini sangat bagus dan memberikan manfaat kepada sekolah dan peserta didik. Satgas sudah membantu sekolah dalam meningkatkan minat baca bagi peserta didik.

Triswanto mengharapkan kegiatan perpustakaan keliling bisa berlanjut agar anak-anak sekolah terus semangat membaca buku.

Camat Lasiolat, Stefanus Donfeira S.Sos mengaku, kegiatan perpustakaan keliling baru pertama kali dilakukan di Kecamatan Lasiolat. Untuk itu, sebagai camat Lasiolat ia menyampaikan terima kasih kepada Satgas Pos Mahen.

"Kegiatan seperti ini baru pertama kali dilakukan di Kecamatan Lasiolat. Saya menyampaikan ucapan trima kasih atas kinerja anggota TNI diperbatasan khususnya Pos Mahen. TNI turut ambil bagian dalam membangun anak anak Lasiolat yang cerdas, berpengetahuan dan memiliki wawasan yang luas," kata
Stefanus.

Danpos Mahen, Letda (Inf) Ida Ketut Kemenuh menyampaikan, TNI terus berupaya membantu mencerdaskan siswa-siswi di perbatasan lewat kegiatan perpustakaan keliling. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI di bidang pendidikan dan hal ini sejalan dengan moto Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743 PSY yakni, Siap Kerja Bersama Karena Kita Bersaudara. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang

Pimpin Selawatan di Panggung, Wanita Ini Mendadak Pingsan lalu Meninggal Dunia

Berita Populer