Kanal

Dinas Pariwisata Ende Dukung Ujian Sertifikasi Karyawan Hotel

Para peserta ujian sertifikasi berfoto bersama tim penguji, Sabtu (8/9/2018). - pos kupang.com, romualdus pius

Laporan Reporter Pos Kupang.Com,Romualdus Pius

POS KUPANG.COM,ENDE---Dinas Pariwisata Kabupaten Ende memberikan dukungan atas pelaksanaan sertifikasi para karyawan hotel di Kota Ende dan juga Moni karena kegiatan tersebut kesempatan baik dan sangat strategis baik bagi karyawan hotel dan restoran maupun bagi pemerintah mengingat kegiatan uji kompetensi profesi ini baru pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Ende.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Sabina Donasia, S.Sos mengatakan hal itu saat membuka kegiatan uji sertifikasi bagi para karyawan hotel di Aula Hotel Flores Mandiri, Ende, Sabtu (8/9/2018).

Baca: Danrem 161 Wirasakti Membantah Warga Perbatasan Caplok Wilayah RDTL

Baca: 550 Ekor Burung Dilepasliarkan Petugas TN Matalawa dan Brimob Den A Pelopor Sumba

Atas pelaksanaan ujian sertifikasi tersebut ujar Sabina,Pemda Ende menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kementrian Pariwisata RI dan Lembaga Sertifikasi Pariwisata Labuan Bajo.

Sabina mengatakan bahwa dalam kurun waktu 2 tahun terakhir yaitu tahun 2016 telah diselenggarakan sosialiasi seertifikasi dan standarisasi usaha pariwisata oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ende dan tahun 2017 diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi NTT dan Kementrian Pariwisata RI sedangkan dengan demikian ujian sertifikasi tersebut adalah tindaklanjut dari pelaksanaan sosialisasi.

Sabina berharap agar pelaksanaan ujian sertifikasi memberikan dampak positif bagi para pekerja hotel didalam meningkatkan sumber daya mereka sebagai pekerja atau karyawan hotel. 

Untuk diketahui sebanyak 50 orang karyawan dan karyawati hotel dan restaurant yang tersebar di Kota Ende dan Moni, Kecamatan Kelimutu,Kabupaten Ende, mengikuti ujian sertifikasi profesi,Sabtu (8/9/2018) di Aula Hotel Flores Mandiri.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Sabina Donasia, S.Sos mewakili Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Derson Duka.

Para peserta diuji oleh tujuh orang asesor atau peguji dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Komodo Flores.

Direktur LSP Pariwisata Komodo Flores, Intan Gemalapuri kepada POS-KUPANG.COM, menjelaskan bahwa para asesor atau penguji merupakan General Manager atau pimpinan di sejumlah hotel di Labuan Bajo.

"Lisensi kami sejak Bulan Mei 2016. Pada tahun 2017 lalu, kami sudah menguji dan memberikan sertifikat kepada 285 orang karyawan hotel dan restaurant. Sedangkan tahun 2018, sampai saat ini sudah 60 orang yang kami uji untuk mendapatkan sertifikat," kata Intan.

Intan mengatakan bahwa hasil ujian peserta akan direkomendasikan oleh LSP kepada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Ujian sertifikasi tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia para pekerja hotel yang ada di Kota Ende dan Moni. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang

Kronologi Lengkap Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi yang Dilakukan Haris Simamora

Berita Populer