Kanal

100 Siswa SMANSA Lewoleba Bermalam di Ile Werung. Ini yang Dilakukan Siswa

KE ILE WERUNG --- Romi Lazar (kanan) dan Astin Lima (kiri) ketika hendak menyusuli teman-temannya untuk bermalam di Ile Werung, Sabtu (8/9/2018) sore. - pos kupang.com, frans krowin

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Sebanyak 100 siswa/siswi SMA Negeri 1 (SMANSA) Lewoleba, bermalam di Ile Werung, Sabtu (8/9/2018). Siswa/siswi tersebut kebanyakan anggota pramuka dan sebagiannya punya hobi mendaki gunung.

"Malam ini (Sabtu 8/9/2018) kami kamping di Ile Werung. Teman-teman sudah lebih dahulu menggunakan bus, sedangkan saya dan teman menggunakan sepeda motor," ujar Romualdus Bisa Lazar dan Yohanes Lima kepada Pos Kupang.Com, sore tadi.

Baca: Danrem 161 Wirasakti Membantah Warga Perbatasan Caplok Wilayah RDTL

Baca: 550 Ekor Burung Dilepasliarkan Petugas TN Matalawa dan Brimob Den A Pelopor Sumba

Saat itu Romi dan Astin menggunakan sepeda motor. Lantaran Astin berasal dari Desa Karangota, Kecamatan Atadei, sehingga keduanya yakin bisa tiba di Ile Weung dan bergabung dengan teman-temannya.

Romi, mengatakan, mendaki gunung dan bermalam di maki gunung, bukan hal baru baginya. Sebab sudah berkali-kali ia dan teman-temannya tracking ke puncak Ile Lewotolok atau biasa disebut sebagai Ile Ape.

Pada 17 Agustus 2018, lalu, misalnya, dirinya bersama sekitar 300 warga lainnya memperingati HUT Kemerdekaan RI, di atas puncak gunung api tersebut. Mereka berada di puncak gunung itu sebelum matahari terbit dan pulang setelah mengibarkan bendera merah putih dalam kawah gunung tersebut.

Hal yang sama, katanya, berkemungkinan dilakukan di Ile Werung. Hanya saja ia belun tahu keberadaan gunung tersebut. Sebab diperoleh kabar bahwa kondisi Ile Werung beda dengan Ile Ape (Ile Lewotolok).

Bedanya, lanjut dia, adalah bila di Ile Ape, para pendaki bisa masuk ke dalam kawah gunung berapi tersebut, sedangkan tidak untuk Ile Werung. Di Ile Werung, pendaki hanya menyaksikan eksotisnya gunung tersebut dari kejauhan, dari tempat yang tinggi.

"Sudah banyak orang bermalam di tempat itu untuk menyaksikan keindahan alam Ile Werung. Jadi kami, siswa/siswi dari SMANSA Lewoleba juga ingin melakukan hal yang sama, melihat Ile Werung dari jarak dekat," ujar Romi dibenarkan Astin, teman sekelasnya. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang

Petinju 13 Tahun yang Bertanding demi Ekonomi Keluarga Meninggal Seusai Pertandingan, Videonya Viral

Berita Populer