Kanal

Polresta Surakarta Akhirnya Keluarkan Izin Jalan Sehat di Solo

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo, Senin (27/8/2018). - KOMPAS.com/LABIB ZAMANI

POS-KUPANG.COM | SOLO - Polresta Surakarta akhirnya menerbitkan izin kegiatan jalan sehat dalam rangka memeringati Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018 di Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (9/9/2018) besok.

Namun, ada pemindahan lokasi dari jalan sehat yang akan diikuti ribuan peserta itu. Awalnya, titik kumpul kegiatan di sepanjang Jalan Dr Moewardi Kotta Barat, dipindah ke Gladag.

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo mengatakan, kegiatan jalan sehat sudah sesuai dengan ketentuan PP Nomor 60 Tahun 2017 tentang Keramaian Umum, Kegiatan Kegiatan Masyarakat Lainnnya, dan Pemberitahuan Kegiatan Politik.

Baca: SPBU Terbakar, Satu Korban Dilarikan ke Rumah Sakit

Dengan demikian, kepolisian memiliki kewajiban untuk memberikan pengamanan terhadap kegiatan itu.

"Sudah kami proses (izinnya) dan kami (polisi) wajib memberikan pengamanan secara maksimal," kata Ribut di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (8/9/2018).

Pemindahan lokasi kegiatan, lanjut dia, untuk mengurai kepadatan di kawasan Kotta Barat. Pasalnya, pada waktu yang sama, di kawasan itu juga akan diselenggarakan kegiatan pekan olahraga warga Solo (Porwaso).

"Untuk menghindari overload sehingga kegiatan jalan sehat pindah lokasi ke Gladag," ujar Ribut.

Selain jalan seha, rangkaian kegiatan besar juga diselenggarakan di Solo, yaitu kirab atlet Asian Games 2018 dan bazar, upacara Haornas, Porwaso, dan beberapa kegiatan lainnya.

"Kami akan terjunkan 2.300 personel dari Polresta Surakarta, Polres jajaran, dan di-back up dari Polda Jawa Tengah. Kami juga tekankan kepada seluruh anggota supaya tidak menggunakan senjata dan melakukan pengamanan secara humanis," kata dia.

Humas panitia jalan sehat Endro Sudarsono mengatakan, jalan sehat akan dimulai pukul 06.00 WIB diikuti ribuan peserta. Jalan sehat mengambil rute perjalanan Gladag-Bank Indonesia-Mangkunegaran-Keprabon-Gladag.

"Hasil koordinasi panitia dengan Kapolresta yang telah dikonsultasikan dengan Dr Muinnudinillah Basri selaku Ketua Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) dengan segala pertimbangan yang ada diputuskan start dan finish yang semula di depan Masjid Kota Barat dipindah ke Gladag," kata Endro.

Mengenai apakah acara jalan sehat ini akan dihadiri musisi Ahmad Dhani dan Neno Warisman, Endro mengaku belum bisa memastikan.

"Kami belum bisa pastikan, dengan alasan untuk menjaga semuanya," kata dia.

Sebelumnya, pada 4 September 2018, Polresta Surakarta menyatakan tidak mengeluarkan izin untuk rencana aksi jalan sehat dalam memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Solo, Jawa Tengah, Minggu (9/9/2018). Alasannya karena pertimbangan keamanan. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer