Kanal

Exercise Rajawali Ausindo 2018, Reza Terkejut Mendapat Respon Masyarakat Luar Biasa

Direktur Latihan Exercise Rajawali Ausindo 2018 Kolonel Pnb Reza Sastranegara memberikan miniatur Pesawat Hercules A1331 kepada Atase Angkatan Udara Australia Group Capt Steve Cook saat penutupan kegiatan latihan bersama di ruag VIP Lanud El Tari Kupang, Jumad (7/9/2018). - POS-KUPANG.COM/RYAN NONG

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Direktur Latihan Exercise Rajawali Ausindo 2018 Indonesia, Kolonel Pnb Reza Sastranegara mengaku terkejut terhadap respon masyarakat yang luar biasa saat melakukan penerjunan darat di Naibonat Kabupaten Kupang maupun penerjunan lepas pantai di Pantai Ketapang Satu Kelurahan Tode Kiser Kota Kupang.

Bagi TNI Angkatan Udara, latihan bersama ini sekaligus menjadi edukasi kedirgantaraan kepada masyarakat sehingga lebih mendekatkan TNI AU dengan masyarakat.

"Saya sangat terkejut saat di Naibonat kemarin, respon masyarakat sangat luar biasa, secara kasat mata sekitar lima ratus orang ada, ini menurut saya penting apabila setiap aluitsata TNI yang beroperasi atau latihan di Kupang, sedikit lebih banyak harus ada interaksi dengan masyatakat, sehingga secara tidak langsung sedikit lebih banyak kita memberikan edukasi untuk mendekatkan diri antara TNI AU dengan masyarakat, supaya lebih tahu. Tentunya, kita bisa memberikan edukasi kedirgantaraan kepada masyarakat," ungkapnya.

Baca: Hasil Exercise Rajawali Ausindo 2018, Reza Sastranegara Sebut Australia dan Indonesia Saling Belajar

Terhadap pelatihan ini Reza berharap agar bisa dilaksanakan lebih baik lagi ke depannya, dengan exercise yang kompleksitasnya lebih tinggi lagi dan tentunya bisa aplikabel dalam operasi yang dilaksanakan, seperti dalam operasi HHDR (Human Disaster Unit) atau Bantuan Benacan alam di Aceh pada 2014 lalu.

Danlanud El Tari Kupang, Kolonel Pnb Arief Hartono pun mengungkapakan hal yang sama.

Kepada POS-KUPANG.COM di ruang VIP Lanud El Tari Kupang pada Jumad (8/9/2018), Arif mengatakan bahwa selain berdampak pada peningkatan profesionalisme, kepercayaan diri, pengetahuan dan skill pada internal tim angkatan udara karena ada pertukaran pengalaman dalam latihan bersama, Exercise Rajawali Ausindo 2018 juga menimbulkan hal menarik yaitu adanya dampak menghibur rakyat.

"Bagaimana dampak menghibur rakyat seperti yang kita lihat di Pantai Ketapang, wah rakyat disana antusias, juga hampir mencapai 600 sampai 700 orang di Naibonat, karena pada saat droping helybox, dalam bok situ kita taruh roti dan kue," ungkap Arief.

Arif menjelaskan ada dampak bagi masyarakat dari pelatihan bersama Exercise Rajawali Ausindo 2018 yang dilaksanakan di Lanud El Tari Kupang, selain menjadi sarana hiburan dan edukasi kedirgantaraan, hal ini juga telah melahirkan motivasi bagi generasi muda dan mengikat tali persaudaraan antara TNI dengan rakyat.

"Dampaknya yang pertama, rakyat terhibur, yang kedua, yang berlarian ini memperebutkan roti ini adalah anak SD-SMP artinya mereka melihat, mereka melihat dan makanya termotivasi suatu saat ingin menjadi pilot. Ketiga adalah mengikat tali persaudaraan, emosional, psikologis antara TNI dan rakyat sesuai dengan slogan tni bersama rakyat tni kuat," tutupnya. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang

Kronologi Polisi Gadungan Perkosa Siswi SMK di Hadapan Pacar, Berawal Kepergok Mesum di Warnet

Berita Populer