Kanal

51 Pastor dari Keuskupan Agung Kupang Berkumpul di Labuan Bajo. Inilah Aksi Mereka di Sana

Para iman dari Keuskupan Agung Kupang yang mengikuti retret di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat tanggal 4-8 September 2018. - ISTIMEWA

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO -- Sebanyak 51 pastor atau iman dari Keuskupan Agung Kupang (KAK) berkumpul di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat tanggal 4-8 September 2018.

Mereka mengikuti retret para imam KAK 2018 yang dibimbing uskup emeritus Mgr. Michael Cosmas Angkur, OFM. Ini merupakan retret gelombang pertama yang diikuti oleh 51 pastor, baik yang bekerja di paroki dan stasi maupun di lembaga.

Dalam renungannya Mgr. Angkur mengajak para peserta untuk merefleksikan panggilan dan perutusan para imam di tengah tantangan dan persoalan dunia dengan merujuk pada butir-butir refleksi Paus Fransiskus dalam Anjuran Apostoliknya berjudul Gaudete et Exultate.

Uskup emeritus Mgr. Michael Cosmas Angkur, OFM membimbing retret para imam Keuskupan Agung Kupang di Labuan Bajo. (ISTIMEWA)

Uskup Michael Angkur mengatakan, kekudusan hidup imam dalam hal-hal kecil di tengah dunia dapat menjadi kesaksian injili yang kuat untuk menggarami kehidupan umat dan masyarakat dengan nilai-nilai injil.

Berkaitan dengan tantangan global di bidang ekologi, uskup yang purna bakti di Keuskupan Bogor itu memberikan renungan menarik tentang ekodamai yang berintikan tanggung jawab bersama termasuk oleh para imam untuk melindungi alam ciptaan.

Perlindungan terhadap alam ciptaan merupakan jalan menuju kedamaian hidup.

Kegiatan retret para imam Keuskupan Agung Kupang ditutup dengan misa bersama komunitas biara St. Fransiskus, tempat kediaman Mgr. Angkur mengisi hari-hari purna bakti di kampung Gorontalo, Labuan Bajo.

Usai misa dilanjutkan dengan makan bersama dan rekreasi. Retret gelombang kedua untuk para imam KAK akan berlangsung tanggal 22-26 September 2018 mendatang.

Demikian rilis yang diterima Pos Kupang.Com dari RD Sipri Senda yang mengikuti retret tersebut, Sabtu (8/8/2018). *

Editor: Putra

Viral Reaksi Ketum PSSI Edy Rahmayadi Menutup Wawancara Sepihak, soal Insiden Tewasnya The Jak Mania

Berita Populer