Kanal

PT Taspen EndePerekaman Data Secara Digital kepada Pensiunan

Kepala Taspen Cabag Ende, Azhar - pos kupang.com, romualdus pius

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---PT. TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Ende sejak awal Agustus 2018 mulai melayani enrollment atau pendaftaran digital bagi pensiunan Aparatus Sipil Negara (ASN) atau lebih dikenal pensiunan PNS.

Kepala Taspen Cabang Ende, Azhar mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com di Ende, Jumat (7/9/2018).

Baca: Ban Belakang Pesawat Wings Air Pecah! Landing di Bandara Gewayan Tana Larantuka

Baca: Seribu Rohaniwan Bacakan Puisi dan Nyanyikan Lagu Requem di Mapolda NTT

Baca: 132 Atlet Kabupaten Ende Ikut PORProv NTT 2018 di Kupang

Azhar mengatakan bahwa hingga kini sudah sekitar 1.373 orang melakukan kewajiban untuk penerapan sistem otentikasi digitalisasi guna memudahkan pembayaran gaji nantinya.

Otentikasi ini diawali enrollment dengan cara mengambil data biometrik setiap peserta berupa sidik jari (finger print), foto wajah (face), dan sampel suara (voice) yang saat ini masih berlangsung di Kantor Taspen Ende.

Dikatakan proses enrollment yang sedang berjalan pada PT. TASPEN (Persero) Cabang Ende hanya diperuntukkan bagi para penerima pensiun yang berdomisili di wilayah Kabupaten Ende.

Sedangkan untuk para penerima pensiun yang berdomisili diluar Kabupaten Ende, proses enrollment akan dilakukan dimasing-masing mitra bayar sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Untuk jadwal resmi proses enrollment pada masing-masing mitra bayar akan disampaikan melalui masing-masing mitra bayar dan media cetak.

Azhar mengatakan adapun mitra bayar yang dimaksud adalah kantor bayar dimana para penerima pensiun mengambil gaji setiap bulan diantaranya Kantor POS dan GIRO, Bank BRI, Bank BNI, Bank NTT, Bank Mantap dan Bank BTPN.

Informasi proses enrollment ini telah disampaikan ke masing-masing mitra bayar untuk diteruskan kepada para penerima pensiun sehinga, diharapkan para penerima pensiun yang berada diluar kabupaten ende agar tidak perlu datang ke Taspen Ende untuk melakukan proses enrollment.

Karena untuk para penerima pensiun yang berdomisili di luar kabupaten Ende akan mendapatkan jadwal perekaman dan enrollment di masing-masing mitra bayar yang akan ditentukan kemudian.

"Perlu kami sampaikan bahwa proses enrollment atau pendaftaran digital bagi seluruh pensiunan PNS memang bersifat wajib, namun tidak ada kaitannya dengan pemberhentian gaji atau penyetopan gaji pensiun sehingga terhadap informasi terkait akan dilakukan penyetopan gaji pensiun apabila tidak melakukan proses enrollment adalah tidak benar,"ujarnya. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen

Pesawat Miring dan Bergoyang Tak Wajar lalu Putar Balik, Wings Air Benarkan Adanya Kesalahan Teknis

Berita Populer