Kanal

Begini Manfaatnya Bila Kapal Roro Masuk Maumere Lagi

Kapal RoRo Swarna Bahtera yang melayani rute Labuan Bajo-Surabaya. - POS KUPANG/SERVATINUS MAMMILIANUS

POS-KUPANG.COM -- Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Cabang Maumere memberi kesempatan kepada operator Kapal Roro kembali melayani jasa angkutan kendaraan dan penumpang dari Surabaya ke Maumere PP.

"Silakan saja kapal Roro kembali layani jasa pelayaran Surabaya-Maumere. Kami juga senang kalau ada Kapal Roro kembali ke sini," ujar General Manajer PT Pelindo Cabang Maumere, Yuvensius Andri Kartiko di Maumere, Rabu (5/9/2018).

Lampu hijau yang diberikan PT Pelindo kepada operator kapal Roro untuk kembali membuka layanan jasa angkutan kendaraan dan penumpang dari Surabaya ke Pelabuhan Lorens Say-Maumare merupakan berita gembira bagi masyarakat.

Baca: Perempuan dengan 5 Zodiak ini Bisa Jadi Pasangan Terbaik untuk Pria, Jangan Sampai Lepas!

Warta gembira itu bukan hanya untuk masyarakat Kabupaten Sikka, namun berita gembita bagi masyarakat Pulau Flores dan di wilayah NTT pada umumnya. Kehadiran kapal ini secara reguler akan memperlancar arus barang dan jasa yang memberikan efek ekonomis bagi masyarakat Flobamora.

Sinyal yang diberikan PT Pelindo Maumere kepada operator Kapal Roro patut mendapat apresiasi. Sebab sudah cukup lama Kapal Roro berhenti melayani jalur Surabaya-Maumere PP. Kapal Roro berhenti melayani rute Surabaya-Maumere semenjak kasus tenggelamnya kapal di perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Tak lama setelah kejadian itu, operator Kapal Roro membuka jalur pelayaran Surabaya-Ende sehingga pengguna jasa dari Maumere beralih ke Kota Ende.

Baca: 10 Drakor alias Drama Korea Tentang Percintaan di SMA dan Kampus Terbaik, Asli Bikin Baper

Dari sisi geografis sebenarnya letak Pelabuhan Lorens Say Maumere yang berada di pantai utara Flores lebih strategis dibandingkan Ende yang di selatan. Maumere merupakan kota jangkar bagi wilayah sekitarnya terutama Kabupaten Flores Timur dan Lembata di sisi timur serta Nagekeo, Ende dan Manggarai di barat.

Jika kapal angkutan dan barang kembali menyinggahi Pelabuhan Lorens Say maka akan menghidupkan aktivitas perekonomian di kawasan tersebut. Harga barang bakal lebih terjangkau masyarakat. Komoditas pertanian dan perkebunan masyarakat Flores Lembata bisa diantarpulaukan langsung ke Surabaya dengan ongkos transportasi yang tentu lebih murah.

Baca: VIDEO: BTS Rilis MV IDOL Kolaborasi Bersama Nicki Minaj dan ARMY Saat Lakukan Idol Challenge

Flores dan wilayah sekitarnya selama ini dikenal sebagai daerah penghasil komoditi pertanian dan perkebunan yang cukup melimpah. Sebut misalnya pisang, ubi, buah- buahan, jambu mete dan hasil pertanian lainya. Masuknya Kapal Roro ke Maumere akan memperkuat layanan yang sudah ada dari Ende ke Surabaya PP.

Masyarakat tentu menunggu tindaklanjut perjuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sikka untuk meyakinkan operator Kapal Roro kembali membuka jalur pelayaran Surabaya-Maumere secara reguler.

Operator kapal tentu butuh kajian dan pertimbangan matang. Dari sisi bisnis mereka tidak mau mengalami kerugian mengingat operasional kapal membutuhkan dana yang tidak sedikit. *

Editor: Putra
Sumber: Pos Kupang Cetak

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer