Kanal

Ini Upaya yang Dilakukan Untuk Meningkatkan Kesadaran Hukum

Suasana kegiatan Kadarkum di Aula Lantai II Kantor Bupati Nagekeo, beberapa waktu lalu - POS KUPANG/GORDI DONOFAN

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran hukum dan budaya hukum adalah dengan pembentukan Desa/Kelurahan Sadar Hukum, yang kriteria pembentukannya sebagaimana diatur melalui Edaran Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional tahun 2017.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Nagekeo Elias Djo saat membuka acara Persiapan Pembentukan Desa Sadar Hukum dan Sekolah Sadar Hukum yang berlangsung di lantai II kantor Bupati, Mbay.

Siaran pers yang diterima POS KUPANG.COM, Kamis (6/9/2018) menyebutkan, kegiatan itu berlangsung Senin (28/8/2018).

Bupati Elias mengungkapkan esensi dasar dari penyelenggaraan program Desa/Kelurahan Sadar Hukum adalah untuk menumbuhkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat sehingga terbentu budaya sadar hukum di masyarakat.

Program ini telah mampu memberikan dampak positif bagi warga dan sudah melahirkan banyak Desa Sadar Hukum di Indonesia.Untuk penyelenggaraan pembinaan Desa/Kelurahan sadar hukum di Kabupaten Nagekeo, diakui belum berjalan maksimal.

Dari 113 desa/kelurahan yang ada baru terdapat 10 desa yang telah dibina untuk menjadi desa sadar hukum.

Hal ini karena berbagai keterbatasan baik SDM aparat maupun finansial yang menyebabkan perasionalisasi pembinaan tidak berjalan baik. Namun meskipun dengan keterbatasan yang ada, Pemerintah akan tetap berkomitmen untuk menyelenggarakan pembinaan desa/kelurahan Sadar Hukum.

Untuk saat ini Desa Rowa di Kecamatan Boawae menjadi satu-satunya desa yang akan dinilai menjadi Desa Sadar Hukum 2018.

Selanjutnya sehubungan dengan Sekolah Sadar Hukum, untuk tahap awal SMAN I Aesesa akan diusulkan untuk dinilai sebagai Sekolah Sadar Hukum 2018, sehingga lembaga pendidikan ini diharapkan menjadi perintis sekolah sadar hukum di Kabupaten Nageke.

Halaman
123
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang

VIDEO Isak Tangis Kerabat Korban Pembunuhan Bekasi: Tunjukkan Pembunuhnya Tuhan

Berita Populer