Kanal

Ju Kyu Chang, Pejabat Pengembang Senjata Nuklir Korut, Meninggal Dunia

Dalam foto yang dirilis Kantor Berita Korea Utara (KCNA), terlihat Ju Kyu Chang, ilmuwan yang terlibat dalam pengembangan senjata nuklir Korut (kiri) bersama Pemimpin Korut Kim Jong Il di 2010. Ju meninggal dunia pada usia 89 tahun. - KCNA via Kompas.com

POS-KUPANG.COM - Korea Utara (Korut) mengumumkan kabar meninggalnya seorang pejabat senior di usia 89 tahun.

Media Korut KCNA dilansir AFP Selasa (4/9/2018), Ju Kyu Chang dilaporkan meninggal akibat penyakit darah pancytopenia.

Dalam obituari yang dirilis Korut, Ju dikatakan sebagai profesor serta akademisi, serta sesepuh revolusi Korut.

"Beliau membuat kontribusi hebat dengan memperkuat kemampuan pertahanan negara ini," demikian pernyataan obituari tersebut.

Ju merupakan mantan Menteri Pertahanan Korut yang bertanggung jawab dalam mengembangkan program senjata nuklir dan rudal.

Salah satunya adalah roket jarak jauh Unha 2 yang diluncurkan 2009. Peluncuran roket itu disaksikan mendiang Pemimpin Korut Kim Jong Il.

Selain itu, dia juga dilaporkan terlibat dalam pengembangan dua roket Unha 3 yang diluncurkan pada 2012, sebelum pensiun tiga tahun kemudian.

Dia terkena sanksi dari Kementerian Keuangan Amerika Serikat ( AS) pada 2013 karena keterlibatannya dalam pengembangan senjata nuklir.

Korut dilaporkan pertama kali mengklaim sukses meluncurkan senjata nuklir di 2006, yang dilanjutkan pembuatan rudal balistik antar-benua (ICBM).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pejabat Pengembang Senjata Nuklir Korut Meninggal Dunia", https://internasional.kompas.com/read/2018/09/04/13310871/pejabat-pengembang-senjata-nuklir-korut-meninggal-dunia.
Penulis : Ardi Priyatno Utomo

Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com

Pesawat Miring dan Bergoyang Tak Wajar lalu Putar Balik, Wings Air Benarkan Adanya Kesalahan Teknis

Berita Populer