Kanal

100 Pegiat Koperasi di Kabupaten Kupang Diklat Koperasi Berbasis SIYB

Kegiatan diklat pegiat koperasi di Hotel Romita Kupang, Selasa (4/9/2018) - ISTIMEWA

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS- KUPANG.COM I KUPANG--Bupati Kupang,  Ayub Titu Eki membuka dengan resmi pendidikan dan pelatihan (Diklat) manajemen pengelolaan Koperasi/KUD bagi pengurus/ pengelola koperasi dan kewirausahaan berbasis modul SIYB (Start Improve Your Business)  se-Kabupaten Kupang.

Diklat yang berlangsung selama 4 hari tanggal 4 - 9 September 2018 dengan peserta berjumlah 100 orang ini bertujuan untuk mendukung peningkatan perekonomian, khususnya pemberdayaan ekonomi rakyat melalui peningkatan peran koperasi dan UKM.

Dalam siaran Pers Bagian Humas Setda Kabupaten Kupang yang dikirim ke POS KUPANG.COM, Selasa (4/9/2018) menyebutkan, kegiatan diklat  bertempat di Hotel Romita Kota Kupang.

Turut hadir Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Kupang Drs. Apriamos Uly, Kepala Dinas Perijinan Kabupaten Kupang Drs. Johanis Munah, Kepala Dinas Perindustrian, Titus Anin, Pimpinan OPD terkait, Instruktur dari Dinas Koperasi dan UKM kabupaten kupang,Widyaswara dari Dinas Koperasi Provinsi NTT dan peserta koperasi se-kabupaten kupang. 

Ayub Titu Eki yang juga sebagai instruktur dalam diklat ini dengan materi Kebijakan Pemerintah tentang Koperasian, mengatakan selain titip anggaran untuk mengadakan diklat, tujuan utama dari penyelenggaraan diklat ini yakni

Pertama,  manajemen pengelolaan koperasi. Mencari siapa yang mau di didik untuk memimpin sebagai Kepala untuk mengelola orang, mengelola kerjasama, mengelola administrasi,  dan mengelola uang.

Pastinya keberhasilan itu berawal dari usaha kecil, uang bukan segalanya,  yang penting kerja dan berusaha, maka tidak akan mungkin keuntungan besar akan kita raih asalkan ada kemauan untuk kerja.

Titu Eki memotivasi bahwa untuk memperoleh keberhasilan, harus tau darimana akan memulai. Jangan hanya berpikir di uang saja, tetapi bagaimana bisa menjalankan kerja dengan baik.

Menurut Titu Eki cara berpikir orang yang tidak maju adalah start dari uang itu salah. Mengelola uang, mengelola tenaga,  mengelola waktu baru bisa dapatkan uang. 

Halaman
12
Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer