Kanal

Sampah Bertebaran di Balik Bukit Persaudaran Mauliru Sumba Timur

Sampah yang dibuang bertebaran di lereng bukit Persaudaraan Mauliru. - POS-KUPANG.COM/Robert Ropo

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Bukit Persaudaraan Mauliru, Kelurahan Mauliru Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Sumba, NTT kini menjadi salah satu tempat pariwisata favorit di Sumba Timur.

Sebab memiliki pemandangan indah berupa hamparan sawah di Mauliru dan Pada Savana yang terbentang di pundak dan lereng bukit yang terukir begitu indah.

Namun kebersihan sampah di puncak bukit tersebut juga perlu dijaga, pengunjung yang datang harus bertanggung jawab dengan kebresihan pula demi kenyamaan tempat tersebut untuk berwisata.

Baca: Kontraktor Mulai Tambal Kerusakan Jalan Negara Halilulik-Atambua

Pantauan POS-KUPANG.COM, Sabtu (1/9/2018) siang, terlihat di bukit Persaudaraan tersebut tanpak banyak wisatawan lokal maupun manca negara datang berfoto-foto di area bukit itu, namun memang di puncak bukit itu terlihat bersih tak ada sampah yang bertebaran, namun di balik batu karang di lereng bukit terlihat banyak sampah yang bertebaran.

Sampah yang bertebaran itu terlihat bukan sampah dari alam seperti dedaunan, namun terlihat sampah berupa kantong plastik, botol minumam mineral, botol minuman penyegar dahaga, bungkusan plastik makanan ringan dan lain sebagainya.

Sementara dibawa lereng bukit atau dari kaki bukit tersebut terlihat rumah-rumah penduduk, jika terjadi banjir atau pun longsor maka penduduk dikaki bukit akan terdampak terkena sampah itu.

Di area bukit itu, tidak terlihat tempat sampah untuk pembunangan sampah.

Para pengunjung, Irfan Kurniawan, Rizky dan sejumlah pengunjung lainya ketika ditemui POS-KUPANG.COM di lokasi bukit itu, meminta kepada Pemerintah agar menyediahkan tempat-tempat sampah, agar para pengunjung tidak membuang sampah sembarangan, sehingga kondisi area wisata tersebut tetap terjaga kebersihan. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer