Kanal

Ditunjuk Jadi Koordinator Penggalangan Dana Gempa Lombok, Begini Tanggapan Andre Koreh

Kepala Dinas PUPR NTT, Ir. Andre W Koreh, MT - POS-KUPANG.COM/KANIS JEHOLA

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Kanis Jehola

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTT, Ir. Andre W Koreh, MT ditunjuk Penjabat Gubernur NTT, Drs. Robert Simbolon, MPA sebagai koordinator penggalangan dana untuk korban gempa Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Andre Koreh yang dikonfirmasi POS- KUPANG.COM di ruang kerjanya, Jumat (31/8/2018), membenarkan dirinya ditunjuk sebagai koordinator penggalangan dana untuk korban gempa lombok.

"Betul, tapi itu khusus untuk internal ASN (aparatur sipil negara) lingkup Pemprov NTT yang jumlahnya sekitar 6000-an orang. Sedangkan diluar ASN belum ada rencana penggalangan dana," katanya.

Baca: ASN Berprestasi dan Inovatif

Dikatakannya, hingga 31 Agustus 2018 jumlah dana yang sudah terkumpul sekitar Rp 450-an juta.

"Tapi angka ini masih terus bergerak dan berubah-ubah, karena masih dalam proses pengumpulan. Kita juga masih menunggu keputusan pimpinan, apakah bantuan yang akan kita berikan nanti dalam bentuk uang tunai atau natura," katanya.

Baca: Dinas PUPR NTT Juara Nasional Tiga Tahun Berturut-turut

Dikatakannya, sesuai petunjuk besarnya dana yang disumbangkan masing-masing ASN bervariasi. Untuk eselon II minimal Rp 2 juta, eselon III minimal Rp 200 ribu, eselon IV minimal Rp 150 ribu, dan staf minimal Rp 100 ribu. Teknisnya, pengumpulan dana sumbangan dilakukan melalui SKPD masing-masing.

"Itu petunjuk pimpinan. Kumpul lebih ataupun kurang dari itu juga tidak masalah. Bahkan tidak kumpul sama sekali juga tidak masalah, karena ini sifatnya bukan paksaan. Sebab yang utama dari penggalangan dana ini ialah bagaimana kita memberi bantuan dan rela berbagi kepada sesama saudara kita di NTB," katanya.

Baca: F-PDIP Minta PMKRI Lengkapi Bukti Dugaan Penyelewengan Dana Pampilkada Sikka

Dikatakannya, penggalangan dana ini sifatnya kerelaan semata, bukan paksaan. Karena itu, bantuan yang diberikan oleh ASN juga harus dengan penuh kerelaan. Kalau tidak ada kerelaan, lebih baik tidak usah memberikan sumbangan.

"Ini bantuan kemanusiaan. Saya tidak mau orang kasih bantuan dengan omelan dan merasa beban. Ini musibah yang bisa terjadi pada siapa saja dan dimana saja. Saya tidak mau bantuan yang tulus ini justru kontra-produktif. Bantuan ini menggugat nurani," katanya.

Sebagai orang yang dipercayakan menjadi koordinator penggalangan dana, Andre menyampaikan terima kasih kepada pimpinan atas kepercayaan ini.

"Saya harus menjaga kepercayaan ini, dan saya totalitas dalam menjalankan kepercayaan yang diberikan pimpinan," katanya. (*)

Penulis: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang

Pesawat Miring dan Bergoyang Tak Wajar lalu Putar Balik, Wings Air Benarkan Adanya Kesalahan Teknis

Berita Populer