Kanal

Fary Francis Terpilih Sebagai Legislator Berdedikasi 2018

Bupati Mella dan Ketua Komisi V DPR RI, Fary Francis sedang meninjau pengerjaan saluran irigasi di Desa Supul - POS KUPANG/DION KOTA

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Anggota DPR dari daerah pemilihan NTT 2, Fary Djemi Francis terpilih menjadi salah satu legislator berdedikasi 2018. Seperti dirilis Men's Obsession, pekan lalu, ada 14 anggota DPR RI yang dinilai memiliki dedikasi terbaik di tahun ini.

Selama menjadi wakil rakyat di dua periode, Fary sudah banyak memberikan kontribusi di Komisi V yang membidangi transportasi, pekerjaan umum, perumahan rakyat, desa dan pembangunan kawasan tertinggal. Ketua Komisi V ini juga tak kenal lelah dalam memperjuangkan kesejahteraan untuk masyarakat.

"Dalam bidang infrastruktur sumber daya air, saya mendorong pembangunan ratusan embung di NTT. Bendungan-bendungan besar, daerah-daerah irigasi melalui program P3-TGAI, memperjuangkan pembangunan sumur-sumur bor. Selain itu, mendorong dan mendukung pembangunan program sejuta rumah, di antaranya memperjuangkan pembangunan rusunawa untuk UKAW Kupang, Unwira Kupang, Untrib Alor, STFK Ledalero, rusunawa di Kabupaten Ende dan Manggarai," kata Fary.

Baginya, menjadi wakil rakyat adalah jembatan untuk menyerap aspirasi rakyat dan sebagai fasilitator dalam memecahkan persoalan yang tengah mereka alami. Karenanya, ia tak segan mengunjungi kampung-kampung, desa-desa, dan pelosok agar dirinya bisa memahami permasalahan yang tengah dihadapi rakyat.

"Saya memaknai reses sebagi momen mendengarkan aspirasi. Setiap kali reses, saya selalu berjalan dari kampung ke kampung, bertemu dengan begitu banyak orang, sahabat, dan rekan seperjuangan. Pertemuan ini dimanfaatkan untuk mendengarkan isi hati dan menangkap curahan mereka," terangnya kepada Men's Obsession.

"Saya juga memperjuangkan hadirnya kapal negara Antareja, kapal yang baru untuk NTT dalam upaya penyelamatan dan pencarian. Sedangkan di BMKG, antara lain mendukung terselenggaranya berbagai Sekolah Lapang Iklim (SLI) di NTT," jelasnya.

Fary mengaku, persoalan rakyat ini sangat banyak, sehingga penyelesaiannya tidak bisa hanya dalam satu periodesasi sebagai wakil rakyat. Kendati demikian, ia tetap menjalankan tugas dan peran tersebut dengan kesungguhan hati. Baginya, itu adalah sebuah kepercayaan yang diberikan rakyat kepadanya sehingga tidak boleh disia-siakan.

Keberhasilannya di DPR dapat dibuktikan ketika apa yang disuarakan rakyat mampu ia terjemahkan dan perjuangkan di Senayan. Membawa manfaat bagi kehidupan rakyat adalah sebuah pencapaian seorang wakil rakyat. Sedangkan, target ke depan di daerah konstituennya adalah semakin bisa membantu rakyat dengan memperjuangkan aspirasi-aspirasi yang bermanfaat bagi mereka seperti dalam aspek infrastruktur dan perhubungan.

"Yang menjadi target saya juga adalah rakyat terbebas dari problem keterbelakangan, kesulitan akses ke saranasaranan pendidikan, kesehatan dan ekonomi, serta meminimalisir ilegal worker yang ke mana-mana melalui program-program pemberdayaan masyarakat yang menyediakan peluang dan kesempatan kerja bagi warga," ungkapnya.

Dalam rangka melaksanakan amanat rakyat, Partai Gerindra sebagai partai nasionalis dan partai kerakyatan tentu bukan partai yang sempurna. Oleh karena itu, bagi Fary sudah banyak yang diperjuangkan partainya untuk rakyat. Namun, ada pula yang mesti dibenahi lagi.

Sebagai corong perjuangan rakyat, partai Gerindra mesti semakin akrab dan dekat dengan rakyat agar dapat mendengarkan dan menangkap aspirasi rakyat. Partai Gerindra juga mesti tetap konsisten sebagai partai yang bersih, anti korupsi dan anti narkotika, menolak radikalisme serta paham-paham yang merusak keutuhan bangsa ini.

Partai Gerindra harus tetap berada pada garda terdepan sebagai partai oposisi. Memberi catatan kritis kepada pemerintah jika ada yang salah, keliru, dan kurang. Juga memberikan apresiasi bila benar-benar bekerja bagi kepentingan rakyat.

"Yang menjadi target saya juga adalah rakyat terbebas dari problem keterbelakangan, kesulitan akses ke saranasaranan pendidikan, kesehatan dan ekonomi, serta meminimalisir ilegal worker yang ke mana-mana melalui program-program pemberdayaan masyarakat yang menyediakan peluang dan kesempatan kerja bagi warga," ungkapnya.

Dalam rangka melaksanakan amanat rakyat, Partai Gerindra sebagai partai nasionalis dan partai kerakyatan tentu bukan partai yang sempurna. Oleh karena itu, bagi Fary sudah banyak yang diperjuangkan partainya untuk rakyat. Namun, ada pula yang mesti dibenahi lagi. Sebagai corong perjuangan rakyat, partai Gerindra mesti semakin akrab dan dekat dengan rakyat agar dapat mendengarkan dan menangkap aspirasi rakyat.

Partai Gerindra juga mesti tetap konsisten sebagai partai yang bersih, anti korupsi dan anti narkotika, menolak radikalisme serta paham-paham yang merusak keutuhan bangsa ini. Partai Gerindra harus tetap berada pada garda terdepan sebagai partai oposisi. Memberi catatan kritis kepada pemerintah jika ada yang salah, keliru, dan kurang. Juga memberikan apresiasi bila benar-benar bekerja bagi kepentingan rakyat. **

Penulis: Sipri Seko

Kronologi 'Surabaya Membara' Berujung Maut, Penonton Padati Viaduk hingga Kereta Bunyikan Klakson

Berita Populer