Kanal

Dokter Emiliana Minta Masyarakat Jaga Kesehatan

Dokter Emiliana Budyanti H Roma dan peserta sosialisasi kesehatan yang diselenggarskan PT Bahtera Nusantara Mandiri di Aula Dekenat Lembata, Rabu (29/8/2018). - POS-KUPANG.COM/Frans Krowin

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Dokter Emiliana Budyanti H Roma meminta masyarakat Lembata untuk selalu hidup sehat. Semua orang harus jaga kesehatan baik-baik supaya dijauhkan dari aneka penyakit, termasuk diabetes melitus.

Pesan ini disampaikan dr. Emiliana Budyanti H Roma, saat melakukan pencerahan tentang penyakit diabetes melitus pada acara Kenko No Kai (Komunitas Sehat) di Aula Dekenat Lewoleba, Lembata, NTT, Rabu (29/8/2018) sore.

Dikatakannya, penyakit diabetes melitus itu diderita banyak orang, tanpa pandang usia. Bila sudah terkena penyakit ini, maka harus sering periksa kesehatan ke dokter dan patuhi petunjuk dokter.

Baca: Kejari Ende Miliki Dasar Hukum Tetapkan Tersangka PNPM Kota Baru

Salah satu kiat untuk mengontrol agar seseorang bisa mengenal apakah menderita diabetes atau tidak, adalah kontrol kadar gula secara rutin. Sedangkan hal konkrit lainnya masih beberapa, di antaranya periksa mata secara teratur. Pemeriksaan mata ini perlu dilakukan kalau penglihatan makin kabur atau sudah beberapa kali ganti kacamata tanpa melalui pemeriksaan mata.

Penyakit ini juga, lanjut dia, disebabkan oleh pola makan. Bila sering makan makanan yang instan, maka peluang terkena diabetes melitus sangat besar. Begitu juga ketika makan tanpa kontrol, terutama pada umur tertentu, maka itu juga berpeluang terserang diabetes.

Untuk itu, kata dokter Emiliana, alangkah baiknya mulai saat ini setiap orang menjaga selalu kesehatan diri. Menjaga kesehatan itu dimulai dari cara yang sederhana, seperti memperhatikan selalu pola makan. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer