Kanal

Desentralisasi, Polri dan Pemimpin "Nakatopi"

ilustrasi - Shutterstock

Oleh: Vianey Watu
Dosen Unwira Kupang

POS-KUPANG.COM -Sudah sudah sekian anggota DPR/DPRD, bupati, gubernur terjerat OTT oleh KPK. Bahkan menteri pun terkena kasus korupsi.

Tulisan ini coba mengaitkan fakta OTT dengan dampak desentralisasi. Desentralisasi atau otonomi daerah merupakan perubahan paling mencolok setelah reformasi 98 digulirkan.

Desentralisasi di Indonesia konon merupakan pelaksanaan desentralisasi terbesar di dunia, sehingga pelaksanaan desentralisasi di Indonesia menjadi kasus menarik bagi studi banyak ekonom dan pengamat politik di dunia.

Namun seiring dengan itu, kompleksitas permasalahan yang mencolok dan sepantasnya memalukan adalah terkuaknya sebagian kasus-kasus korupsi para birokrat daerah dan anggota legislatif daerah. Baik mereka terjerat melalui OTT maupun melalui kelicikan investasi, yang tujuan subsidernya menguntungkan kelompok penguasa dan pengusaha tertentu.

Baca: BERITA POPULER : Ramalan Zodiak Hari Ini, Misteri Eksavator Mini Di Belu NTT

Kebijakan desentralisasi idealnya untuk memacu pertumbuhan derajat damai sejahtera rakyat dalam pelbagai gatra kehidupan. Khususnya untuk mengentaskan kemiskinan dan peningkatan kualitas hidup manusia.

Ia memerlukan investasi dukungan dari beberapa sektor dan faktor penggeraknya, seperti faktor kelembagaan, faktor infrastruktur, dan faktor sosial budaya -sosial politik -sosial religius-sosial ekonomi.

Namun, hasil penelitian Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) menjelaskan bahwa tahun 2002 faktor kelembagaan dominan menjadi faktor penghambat terbesar bagi suksesnya penerapan desentraliasasi.

Konon mentalitas korup para birokrat menjadi faktor penghambat utama. Teristimewa praktik korupsi melalui pungutan-pungutan liar dan dana pelicin yang marak pada awal pelaksanaan desentralisasi atau otonomi daerah tersebut.

Pada tahun 2005 faktor penghambat utama tersebut bergeser. Kondisi sosial politik dominan menjadi faktor hambatan desentralisasi, khususnya bagi tumbuhnya investasi di daerah.

Baca: ARMY Wajib Tahu! Inilah 9 Momen Penting dari Seri Album Love Yourself BTS.

Halaman
1234
Editor: Putra
Sumber: Pos Kupang Cetak

Inilah Sosok Ibu Angkat yang Tega Siksa dan Sekap 3 Anaknya Bersama Ular dan Anjing di Makassar

Berita Populer