Kanal

Ritual Adat Se Ze'e Kampung Adat Gurusina Pasca Kebakaran, Simak Yuk!

Suasana ritual adat Se Ze'e atau Se Mae Da Ze'e (Pembersihan Kampung) di Kampung Gurusina Desa Watu Manu, Jerebu'u Kabupaten Ngada, Jumat (24/8/2018). - POS KUPANG/GORDI DONOFAN

Laporan Reporter POSĀ KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COMĀ | BAJAWA -- Pria yang mengenakan baju berwarna coklat memakai Boku (penutup kepala) dan kain adat (siwe) tampak siap diseputar mesbah (Nabe).

Ia terlihat serius dan fokus saat itu. Memegang sebuah parang khas Bajawa ditangan kanannya ia tampak memandang seekor kerbau jantan didepan mukanya.

Suasana di Kampung adat Gurusina , Jumat (24/8/2018) tampak ramai.

Namun saat seorang pria yang bertubuh kekar itu sedang berusaha menenangkan seekor kerbau suasana menjadi hening.

Ia adalah Liberti Rajo (40) warga Kampung Gurusina Desa Watu Manu Kecamatan Jerebu'u Kabupaten Nagekeo.

Saat itu pria yang akrab disapa Bertin ini dipercayakan oleh tua adat Gurusina untuk membunuh seekor kerbau jantan besar sebagai tanda ritual Se Ze'e (pembersihan kampung dari musibah atau bencana).

Bertin terlihat mengayun parang yang mengkilat dan tajam itu, tak berapa lama, parang itu ia langsung memotong tepat dibagian leher kerbau itu. Kerbau itupun langsung tersungkur dan mati. Rupanya tangan Bertin sudah biasa membunuh hewan kurban. Hanya satu kali ayunan kerbau itu langsung mati.

Rupanya saat itu sedang dilaksanakan ritual adat pembersihan kampung Gurusina atau dengan bahasa setempat biasa disebut Se Ze'e atau Se Mae Da Ze'e. Yang berarti pembuangan semua sial, bencana atau musibah dari kampung itu. Se Ze'e berarti membersihkan segala Sao (rumah) dari bencana lainnya. Sehingga sudah layak ditinggal kembali atau dibangun kembali sebagai tempat tinggal bagi warga.

Ritual itu berlangsung kidmat. Semua hening. Sebelum dilakukan pemotongan kerbau digelar ritual adat Mau Tua (Mencari Tempat Pembuangan Bara Api), Kamis (23/8/2018). Malam itu digelar ritual untuk mengetahui tempat mana yang cocok membuang bara api dan siapa orang yang cocok untuk memotong kerbau dan babi.

Halaman
1234
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang

Dijual untuk 'Nikah Bayaran' ke Cina, 11 Wanita Indonesia Disiksa Bak Hewan, Hukum Hambat Kepulangan

Berita Populer