Kanal

Mewujudkan Kebaikan Bersama, Artikel Menarik dari Wakil Bupati Manggarai Barat

Wakil Bupati (Wabup) Mabar, Maria Geong - POS KUPANG/SERVAN MAMMILIANUS

Oleh: Maria Geong, Ph.D
Wakil Bupati Manggarai Barat

POS-KUPANG.COM - Harvard Business School pada tahun 2000-an pernah melakukan penelitian terhadap orang-orang (pria) sukses di dunia. Dari penelitian tersebut, mereka menyimpulkan bahwa kesuksesan seorang pria sangat ditentukan oleh dukungan perempuan yang mendampinginya.

Penelitian ini seakan mengamini sebuah ungkapan yang berkembang di tengah masyarakat kita bahwa "Di balik seorang pria sukses, pasti ada seorang perempuan hebat".

Namun pertanyaannya, apakah peran perempuan hanya sebatas sebagai pendamping dan dalam keluarga saja? Adakah kesempatan bagi perempuan untuk berperan lebih besar lagi?

Tulisan ini ingin memberikan gambaran tentang kesempatan besar yang dimiliki perempuan untuk berkiprah di bidang politik dan bagaimana memanfaatkannya.

Hak dan Citra Politik di Mata Perempuan
Eksistensi hak politik perempuan dalam sejarahnya tidak terlepas dari adanya jaminan negara atas kebebasan warga negaranya untuk terlibat dalam persoalan politik.

Di Indonesia misalnya, jaminan negara terhadap hak politik warga negara termasuk perempuan dapat kita lihat mulai dari UUD 1945, yaitu pada Bab VA pasal 28 huruf A-J.

Selain itu, dalam UU Partai Politik juga diatur ketentuan tentang 30% kepengurusan parpol adalah perempuan. Demikian pula dalam UU Pemilihan Anggota DPR, DPD, dan DPRD disebutkan juga tentang keterwakilan perempuan.

Indonesia juga telah meratifikasi dua konvensi internasional tentang perempuan. Pertama, Konvensi Internasional Hak Politik Perempuan yang telah diratifikasi DPR menjadi UU No. 68 tahun 1958.

Kedua, Konvensi Internasional mengenai penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan, yang diratifikasi menjadi UU No. 7 Tahun 1984.

Halaman
1234
Editor: Putra
Sumber: Pos Kupang Cetak

Ditemukan Tewas di Sawah, Mahasiswi Aceh Ternyata Dibunuh Pacar karena Alasan Ini

Berita Populer