Kanal

Warga Walakiri Mengaku Tanah Mereka Makin Terkikis Akibat Abrasi Pantai

Warga Walakiri sedang memberikan informasi kepada wartawan. - POS-KUPANG.COM/Robert Ropo

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Warga Walakiri, Kelurahan Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, mengaku lahan mereka sudah banyak yang hilang akibat terkikis abrasi pantai.

Hal itu disampaikan warga setempat, Frans Homa Koli, Ferderika Ratu Ludji dan sejumlah warga lainya ketika ditemui POS-KUPANG.COM, Minggu (26/8/2018).

Frans Homa Koli mengatakan, setiap tahun akibat gelombang tinggi di pantai Walakiri mengakibatkan abrasi pantai terus meluas. Semakin luas tanah milik mereka hilang akibat dari abrasi tersebut.

Baca: Warga di SDN Tanggedu Sumba Timur Sudah Bisa Nonton Berita di Televisi

Kata Frans, disebabkan abrasi pantai tersebut, sekitar 20 meter lebih tanah milik warga di sepanjang pantai tersebut sudah hilang. Bukan hanya tanah saja yang hilang, namun sekitar puluhan pohon kelapa yang ditanam warga di pinggir laut sepanjang pantai tersebut juga sudah hilang.

Ferderika Ratu Ludji juga menambahkan, akibat abrasi pantai tersebut mereka sangat rugi besar selain lokasi tanah mereka setiap tahun pelan-pelan menghilang, juga pohon kelapa milik mereka juga sudah puluhan yang hilang.

Kata Ratu Ludji, padahal pohon kelapa itu merupakan salah satu hasil komoditas mereka, yang mereka bisa jual untuk kepentingan kebutuhan ekonomi hidup mereka. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer