Kanal

Ile Adowajo dan Festival Gunung (Biru) Lembata

Gunung Ile Ape - istimewa

Oleh Robert Bala
Pemerhati Sosial Budaya. Tinggal di Jakarta

POS-KUPANG.COM - Februari 2018, di awal rencana pelaksanaan Festival 3 Gunung (Api) di Lembata, penulis merasa perlu menggali informasi di Pusat Vulkanologi Bandung.

Sebuah kunjungan yang sengaja disisihkan di sela-sela kegiatan lain, tetapi bagi penulis hal ini penting.

Selain menyambungkan memori masa kecil saat para vulkanolog silh berganti datang ke Lerek, tetapi juga untuk meluruskan nama yang pada hemat penulis sangat penting.

Apabila nama itu tanda, maka makna di balik Ile Adowajo yang merupakan salah satu gunung parasiter di Indonesia?

Gunung Parasiter

Nama-nama gunung seperti Gunung Gede dan Gunung Pangrango di Jawa Barat, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing di Temanggung Jawa Tengah atau Gunung Bromo, Batok, dan Tenger di Jawa Timur, merupakan contoh gunung parasiter yang cukup menarik perhatian wisatawan internasional.

Baca: 10 Judul Drakor 2018 yang Dibintangi Idol KPop Alias Anak Boyband, Ada Park Seo Joon

Kedekatan mereka di satu lokasi menjadi menarik karena gunung yang berdekatan itu sebenarnya hanya satu. Mereka mendapatkan pasokan magma dari dapur magma yang sama.

Hal ini membedakan dari gunung kembar yang ada berdampingan (seperti Gunung Lewotobi), tetapi sesungguhnya memiliki dapur magma berbeda.

Keutamaan yang langka seperti inilah yang menjadi ciri dari gunung `Ile Adowajo' yang juga merupakan gunung parasiter. Sebuah fenomena menarik yang oleh masyarakat umum tidak diketahui dan apalagi dikagumi.

Halaman
123
Editor: Putra
Sumber: Pos Kupang Cetak

VIDEO John Kei, Sosok Pembunuh Sadis Penghuni Sel Khusus Nusakambangan yang Kini Bertobat

Berita Populer