Kanal

Bawaslu NTT Supervisi dan Monitoring Penanganan Sengketa Proses Pemilu di Manggarai

Anggota Bawaslu Provinsi NTT, Melpin Marpaung (Tengah) dan Anggota Bawaslu Manggarai - POS KUPANG/ARIS NINU

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM|RUTENG--Anggota Bawaslu Provinsi NTT, Melpi Marpaung melakukan lawatan perdananya ke Bawaslu Kabupaten Manggarai di Ruteng, Selasa (21/8/2018) pagi

Melpi begitu ia disapa dalam lawatannya itu melakukan monitoring dan supervisi terhadap penanganan Sengketa Proses Pemilu yang sedang ditangani oleh Bawaslu Kabupaten Manggarai.

‪Kepada wartawan di Ruteng, Rabu (22/8/2018) pagi, Melpi mengatakan, kehadiran pihaknya dalam rangka melakukan supervisi dan monitoring terkait proses musyawarah penyelesaian Sengketa Proses Pemilu yang diajukan DPC Partai Gerindra Kabupaten Manggarai.

‪"Kewenangan kami sebatas supervisi dan monitoring, sedangkan kewenangan mengambil Putusan tetap ada di Bawaslu Kabupaten Manggarai," ujar Anggota Bawaslu Provinsi NTT yang memulai karir pengawasannya mulai dari PPL itu.

Menurut Melpi, Bawaslu Kabupaten Manggarai mempunyai waktu 12 hari kerja sejak pengajuan permohonan penyelesaian Sengketa diregistrasi.

‪"Sepanjang Bawaslu Kabupaten Manggarai melaksanakan tugas dan wewenangnya sesuai ketentuan Undang-Undang, tentu kami terus memberikan penguatan. Apapun nanti yang menjadi putusan Bawaslu Kabupaten Manggarai, itu harus dihormati karena kewenangan ada di mereka," ujarnya.

Syukurlah, kata Melpi, Bawaslu Kabupaten Manggarai telah menjalankan tugas dan wewenangnya dengan baik.

Proses sidang mediasi sengketa proses pemilu yang diajukan DPC Partai Gerindra selaku pemohon dan KPU Kabupaten Manggarai selaku termohon dapat berjalan dengan baik.

‪"Hasil supervisi saya, Bawaslu Kabupaten Manggarai telah memediasi kedua belah pihak. Berita acara mediasi pun telah ditandatangani. Tinggal Bawaslu Kabupaten Manggarai membuat Putusan. Dan putusan itu harus didasarkan pada Berita Acara Sidang Mediasi dan menjawab Petitum yang diajukan pemohon, dalam hal ini DPC Partai Gerindra Kabupaten Manggarai," ujar mantan anggota Panwaslu Kabupaten Belu itu.

‪Dikatakannya, jika saja dalam sidang mediasi tidak ditemui kata sepakat, maka sidang sengketa dilanjutkan ke tahap adjudikasi.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia,M.Pd kepada wartawan di Ruteng mengungkapkan, pihaknya menyambut baik upaya Bawaslu Provinsi NTT yang datang melakukan supervisi dan monitoring terhadap penyelesaiaan Sengketa Proses Pemilu di Bawaslu Manggarai.

‪Dikatakan Marselina, tanpa dampingan pihak Bawaslu Provinsi NTT, proses mediasi sengketa proses pemilu yang diajukan Partai Gerindra tak akan berhasil baik.

‪"Dalam proses mediasi, Bawaslu Manggarai bertindak selaku mediator. Jika mediasi gagal baru dilanjutkan ke tahap adjudikasi. Dan peran Bawaslu Provinsi NTT sangat besar dalam membimbing dan mengarahkan kami agar menggunakan kewenangan sesuai aturan perundang-undangan," ujar Marselina.

Halaman
12
Penulis: Aris Ninu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang

Hanyut di Laut sampai ke Jepang selama 49 Hari, Begini Cara Aldi Novel Adilang Bertahan Hidup

Berita Populer