Kanal

Kita Indonesia, Kita NKRI, Merdeka

Bendera Merah Putih - net

Oleh RD Maxi Un Bria
Rohaniwan Keuskupan Agung Kupang

"Cara patria et Cara libertas; aku mencintai tanah air dan mencintai kemerdekaan."

POS-KUPANG.COM - Selamat ulang tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia. Dirgahayu. Merdeka. Kemerdekaan adalah anugerah Allah. Kita bersyukur atas anugerah kemerdekaan dan perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang dengan gigih telah memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Karena cinta terhadap tanah air dan kemerdekaan. Mereka telah berkorban dan melakukan yang terbaik, sehingga kita boleh memasuki hari ini dengan bangga dan gembira sebagai pemilik NKRI.

Mereka tidak hanya berpikir tentang dirinya melainkan tentang nasib dan keberadaan masyarakat Indonesia di masa depan, kepentingan tanah air dan segala kekayaannya.

Kepada para pahlawan kemerdekaan yang telah gugur di medan perang dan yang telah berkorban untuk memproklamasikan kemerdekaan, kita kenang dalam hening semua jasa mereka, kita doakan keselamatan dan kebahagiaan hidup mereka di akhirat serta kita rawat dan lanjutkan perjuangan mereka dengan mengisi kemerdekaan sebaik-baiknya.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini Senin 20 Agustus 2018, Aries Jangan Sensitif, Leo Super Sibuk

Kita Indonesia. Kita Bhineka Tunggal Ika. Kita Pancasila. Kita NKRI, memiliki harkat dan martabat sebagai bangsa merdeka, berdaulat dan siap bekerja keras, berdisiplin dan berbudaya dalam memaknai kemerdekaan.

Refleksi tentang esensi kemerdekaan senantiasa relevan agar kesadaran dan keterpanggilan untuk mengisi kemerdekaan secara bertanggungjawab tetap hidup dalam hati anak-anak bangsa Indonesia.

Betapa tidak, tanpa kemerdekaan, bumi Nusantara dengan keanekaragaman kekayaan bumi dan laut, budaya, suku ,etnis, agama dan kepercayaan dicengkeram tangan penjajah.

Bayangkan kalau kita hidup di bawah bayang-bayang penjajah. Tidak ada kegembiraan, sukacita dan kehilangan harga diri. Damai sejahtera pun menjadi sirna.

Halaman
123
Editor: Putra
Sumber: Pos Kupang Cetak

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer