Kanal

Umalulu Sumba Timur Daerah Penghasil Tenun Pahikung

Tunggu Hanggongu sedang foto bersama kain tenun ikat Pahikung buatanya. - ISTIMEWA

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Wilayah Kabupaten Sumba Timur, di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terkenal dengan tenun ikat.

Salah satu tenun ikat Sumba yakni kain tenun pahikung atau pahudu. Daerah yang menghasilkan kain tenun Pahikung ini adalah masyarakat dari daerah Kecamatan Umalulu Kabupaten Sumba Timur di Pulau Sumba, NTT.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumba Timur melalui Kasi Analisis Data Pasar Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumba Timur, Yudi Umbu T.T.Rawambaku, SE menyampaikan itu kepada POS-KUPANG.COM, Minggu (19/8/2018) pagi.

Baca: Gubernur Sulsel Restui Jubirnya Jadi Caleg PDIP Dapil NTT 2

Yudi mengatakan, warga asal Kampung Umabara, Desa Watu Hadang Kecamatan Umalulu kabupaten Sumba Timur Tunggu
Hanggongu akan menampilkan demo seni dalam pembuatan tenun pahikung atau Pahudu dalam event festival Sepayung Indonesia, dimana Event tersebut diselenggarakan oleh Mataya Art dan Herigate yang akan berlangsung di Candi Borobudur Yokyakarta, dari tanggal 6 sampai 9 September 2018 mendatang, karena dari satu sisi, Tenun Pahikung itu dihasilkan oleh perajin-perajin dari kecmatan Umalulu itu.

Yudi juga mengatakan, Desa Watuhadang direncanakan akan berkembang menjadi Desa Wisata Watuhadang dalam rangka menindaklnjuti dalam menyambut Kecamatan Umalulu menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer