Kanal

Pemkab Sumba Timur Berupaya Tertibkan Peran Masyarakat Untuk Mengantisipasi Karhutla

Wabup Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali sedang menyerahkan alat pemadaman Karhutla kepada anggota Babinsa dan Babinkamtibmas. - POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU---Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur akan berupaya dalam menertibkan peran masyarakat dalam mengantisipasi pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Sumba Timur.

Wakil bupati Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali menyampaikan hal itu kepada Wartawan Usai Apel Siaga Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Halaman Mapolres Sumba Timur, Kamis (16/8/2018) pagi.

Umbu Lili mengatakan, mengucapkan terima kasih karena untuk pengendalian dan pencegahan terkait Kebakaran Hutan dan Lahan (Kahutla) di Wilayah Kabupaten Sumba Timur juga atas dukungan dari TNI dan Polri serta Instansi terkait lainya, karena dukungan tersebut sudah sangat mendukung pemerintah Kabupaten Sumba Timur.

"Pemerintah Kabupaten Sumba Timur juga akan berupaya agar peran masyarakat juga ditertibkan, dimana kesadaran masyarakat untuk mengantisipasi kebakaran Hutla di Wilayah yang mungkin yang susah terjangkau oleh instansi terkait. Jadi peran masyarakat sudah yang kita harapkan,"ungkap Umbu Lili.

Umbu Lili juga mengatakan, kurangnya kesadaran masyarakat terkait kebakaran hutan dan lahan, yang selama ini terjadi apabila terjadi kebakaran masyarakat menganggap hal biasa.

Kata dia, upaya pencegahan Kathutla itu juga pemerintah Kabupaten Sumba Timur juga telah membentuk kelompok-kelompok masyarakat peduli Api terutama di wilayah yang kering seperti Hahar dan Kanatang yang juga didukung oleh Sejumlah LSM Mitra Pemkab Sumba Timur.

Kata dia, dampak kebakaran hutan dan lahan sangat berbahaya bagi masyarakat luas bagi kesehatan dan ekonomi. Selain itu, Wisatawan dari luar sangat menarik pada tempat-tempat seperti air dan lahan, sehingga apabila terjadi kebakaran maka tempat -tempat tersebut tidak bagus lagi.

Sementara itu, Wakil ketua 1 DPRD Sumba Timur Umbu Manggana sangat mengapresiasi kepada semua yang hadir dalam apel Siaga Pencegahan Karhutla, dimana bertanda bahwa sudah ada kesadaran terhadap akibat dari Karhutla itu.

Sehingga Umbu Manggana menyampaikan apresiasi terkait kegiatan itu, mudah-mudahan kedepan membawa dampak yang baik bagi masyarakat. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang

Wanita Tewas Dalam Lemari Pernah Unggah Foto Bersama Pelaku, Sempat Usir dari Kos sebelum Dibunuh

Berita Populer