Kanal

Ketua KPUD Flotim Akui Belum Terima Usulan Pergeseran Pemilu dari Pemkab Flotim

Ketua KPUD Flotim, Erni Katana - POS-KUPANG.COM/FELIKS JANGGU

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM | LARANTUKA - Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Flores Timur Ernesta Katana menyatakan KPUD Flotim secara kelembagaan siap melanjutkan usulan Pemda Flotim ke KPU Pusat terkait usulan perubahan jadwal pemilu yang digelar 17 April 2019.

"Kita belum terima. Kita butuh secarik kertas untuk kita secara hirarki meneruskannya ke KPUD NTT dan KPU," kata Erni Katana Kamis (16/8/2018).

Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon sebelumnya bersama berbagai elemen masyarakat menyampaikan surat usulan kepada KPU Pusat dan Presiden Joko Widodo perubahan jadwal pemilu yang jatuh pada Rabu Trewa Semana Santa, 17 April 2019.

Baca: Zulkifli Sampaikan Titipan Emak-emak kepada Presiden Jokowi, Agar Harga Bahan Pokok Terjangkau

Bupati Anton mengungkapkan alasan pada moment itu Umat Katolik di Larantuka dan di seluruh Nusantara sedang mempersiapkan diri merayakan Paskah.

Terutama untuk Kota Larantuka yang akan merayakan Semana Santa, hari Rabu Trewa umat Katolik sedang khusuk berdoa.

Alasan kedua demi kualitas demokrasi agar partisipasi masyarakat pada pemilu lebih baik, maka KPU perlu mempertimbangkan mengubah jadwal pemilihan 17 April 2019.

Hal sama disampaikan Uskup Larantuka MGR Fransiskus Kopong Kung, Pr agar jadwal pemilu diundur setelah perayaan Paskah.

Uskup Frans mengatakan pesta demokrasi dan perayaan iman harus diselamatkan. Pesta Demokrasi penting dan karena itu jadwalnya tidak boleh bertabrakan dengan perayaan iman.

Sebaliknya Perayaan Iman sebagai hak warga negara yang dilindungi UU agar tidak diganggu oleh kegiatan apa pun, termasuk pemilihan Pileg dan Pilpres 17 April 2019. (*)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer