Kanal

Pemkab Sumbar Fasilitasi Pembentukan Badan Pengurus Organisasi Marapu

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabuparen Sumba Barat, Yermia Ndapa Doda, S.Sos - Pos Kupang/Petrus Piter

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK- Pemerintah Kabupaten Sumba Barat dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumba Barat memfasilitasi pembentukan badan pengurus organsiasi penghayat aliran kepercayan Marapu.

Saat ini badan pengurus organisasi penghayat aliran kepercayaan Marapu sudah terbentuk dengan ketua Rato Nono Bonimesa dari Kampung Tabera. Sedangkan sesepuh Marapu adalah Rato Lado Regi Tera dari Kampung Tarung.

Saat ini penganut aliran kepercayaan Marapu di Kabupaten Sumba Barat sekitar 12.000 orang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumba Barat, Yermia Ndapa Doda, S.Sos, menyampaikan hal itu di kantornya, Rabu (25/8/2018). Menurutnya, saat ini, badan pengurus organisasi penghayat aliran kepercayaan Marapu Sumba Barat sudah terbentuk.

Dan sudah disampaikan ke kementerian pendidikan dan kebudayaan RI untuk mendapatkan nomor iventarisasi. Hingga saat ini, sedang menunggu jawaban kementerian pendidikan dan kebudayaan RI itu.

Sementara berkaitan dengan pelayanan, demikian Kadis Ndapa Doda, pemerintah sudah melayani seperti pengurusan kartu keluarga dan dokumen lainnya. sedangkan untuk pencetakan KTP elektronik sampai saat ini masih menunggu perbaikan sistem dari pusat.

Bila sudah ada sistemnya maka pihaknya tinggal melakukan pencetakan saja. Pada prinsipnya tidak masalah karena secara teknis telah mempersiapkannya dengan baik. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer