Kanal

Ketika Undana Menjadi Badan Layanan Umum

Ilustrasi -

Oleh: Darius Beda Daton
Alumnus Undana

POS-KUPANG.COM -- Beberapa waktu belakangan ini, ramai diskusi di group-group sosial media seputar pungutan biaya tambahan bagi mahasiswa baru Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang di luar Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Pungutan itu berupa biaya pemeriksaan kesehatan/narkoba dan skripsi berhologram yang dirasa memberatkan mahasiswa. Aneka rupa komentar muncul dalam percakapan itu.

Hampir semua komentar bernada sinis dan mengecam berbagai pungutan tersebut. Bahkan aksi demo menentang pungutan tersebut dilakukan aktivis GMNI di depan pintu gerbang Undana.

Sebagai orang yang sehari-hari berkiprah di lembaga pengawas pelayanan publik, saya ikut kebanjiran SMA, WA dan inbox via Facebook mengajukan protes perihal ini.

Baca: Berbohong, 6 Zodiak Ini Paling Mahir Berbohong, Pasanganmu Termasuk?

Oleh karena aneka pungutan ini dipicu penetapan Undana sebagai Badan Layanan Umum (BLU) oleh Menteri Keuangan RI dan Menteri Ristek RI, maka saya memandang perlu untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat NTT dan para mahasiswa khususnya terkait apa itu BLU dan segala konskuensi yang melekat pada status itu.

Tetapi sebelumnya saya mohon maaf, tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menilai atau `menghakimi' status BLU yang saat ini sudah disandang Undana.

Bagi saya, semua kebijakan itu akan baik dan bermanfaat jika telah dipikirkan, dipertimbangkan dan diputuskan secara bersama dengan arif sehingga membawa manfaat bagi Undana.

Apa itu BLU

Definisi BLU dapat ditemukan dalam Pasal 68 UU No. 1/2004 tentang Perbendaharaan Negara. BLU adalah instansi di lingkungan pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

Halaman
1234
Editor: Putra
Sumber: Pos Kupang Cetak

Aldi Novel Adilang Hanyut hingga ke Jepang: Saya Hanya Berdoa, dan Hiu Itu Pergi

Berita Populer