Kanal

Merasa Tak Tampan Jadi Alasan Utama Pria Tetap Melajang

Ilustrasi pria sedih - KOMPAS.com

POS-KUPANG.COM - Orang bilang, jodoh di tangan Tuhan. Tapi, tidak ada salahnya kita berusaha mendapatkan yang terbaik. Masalahnya, banyak pria menyerah begitu saja tanpa berusaha.

Menurut riset, penampilan yang buruk, rendahnya percaya diri, dan kurangnya usaha adalah penyebab utsms pria hidup tanpa pasangan. Padahal hidup dengan pasangan dapat bermanfaat bagi kesejahteraan seseorang.

Hadirnya pasangan bisa meningkatkan kehidupan sosial dan tingkat kebugaran. Namun, memperoleh pasangan memang tak mudah. Beberapa orang butuh waktu lama untuk jatuh cinta, mendapatkan pasangan, dan menjaga hubungan yang harmonis.

Baca: Orang Terkaya di Indonesia Ini Ternyata Ikut Berlaga di Asian Games

Menelaos Apostolou, asisten profesor untuk Sekolah Humaniora, Ilmu Sosial dan Hukum, di the University of Nicosia, Siprus, menganalisis alasan pria tetap melajang.

Ia mengajukan kuesioner di platform media sosial Reddit dengan menayakan alasan mengapa para pria tetap melajang.

Alhasil, pertanyaan tersebut mendapat 20.207 tanggapan, dengan beberapa ribu komentar dicatat sebagai tanggapan atas jawaban orang lain.

Periset menganalisis 13.429 tanggapan utama, dan mengelompokan mereka dalam 43 kategori dalam sebuah riset yang diterbitkan dalam journal Evolutionary Psychological Science.

Ternyata alasan paling umum para pria melajang adalah 'merasa memiliki penampilan yang buruk', alias kurang ganteng! Sebanyak 662 pria memilih alasan tersebut sebagai penyebab mereka tak memiliki pasangan.

Rendahnya kepercayaan diri menjadi alasan kedua mengapa pria hidup tanpa pasangan. Sementara itu, kurangnya usaha dan minat dalam hubungan asmara berada di urutan ketiga dan keempat para pria tetap melajang.

Alasan kelima para pria melajang adalah kemampuan merayu yang buruk. "Keterampilan sosial apapun yang saya miliki akan hilang jika saya naksir seseorang," komentar salah satu pengguna Reddit.

Apostolou menjelaskan pria modern mungkin mengalami kesulitan melakukan langkah pertama karena cara memulai hubungan telah berubah.

"Pria modern yang hidup tanpa pasangan seringkali kurang dalam keterampilan merayu," katanya.

Padahal keterampilan merayu sangat diperlukan di zaman ini, karena di masyarakat modern, orang-orang harus mencari pasangan sendiri.

Dengan kata lain, zaman dahulu tradisi perjodohan masih kental. Namun, kini perjodohan telah menjadi konsep kuno.

Orang-orang dituntut untuk menentukan pasangan hidupnya sendiri. Berikut adalah 10 alasan utama mengapa pria tetap melajang, menurut penelitian:
Merasa kurang ganteng
Harga diri/kepercayaan diri rendah
Usaha mendapat pasangan rendah
Tidak tertarik dengan hubungan
Keahlian merayu yang buruk
Introvert
Baru-baru ini putus
Pengalaman buruk dari hubungan sebelumnya
Tidak ada wanita yang tersedia
Kegemukan
Di luar itu, alasan lain yang muncul adalah keinginan menikmati hidup sendiri, merasa tidak aman soal keuangan, dan ketakutan akan komitmen. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer