Kanal

Dinas Pol PP dan Damkar Sumba Barat Rancang Konsep Jaga Keamanan Kampung Tarung

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Sumba Barat, Daniel Dapa Deda Robaka, S.Sos - POS-KUPANG.COM/Petrus Piter

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sumba Barat, Daniel Dapa Deda Robaka, S.Sos, mengatakan, saat ini sedang merancang konsep bagaimana bersama polisi pamong praja, tokoh adat dan segenap penghuni Kampung adat Tarung menjaga keamanan dan ketertiban kampung wisata Tarung.

Dengan demikian, setiap wisatawan yang datang ke Kampung Tarung merasa aman dan nyaman berwisata di Kampung adat Tarung tersebut.

'Maida Kata Palolo (mari kita bersama) dengan satuan polisi pamong praja dan pemadam kebakaran, tokoh adat Kampung Tarung dan segenap penghuni Kampung Wisata Tarung, mewujudkan Kampung Tarung yang tertib dan tentram. Dengan demikian, dapat menarik minat wisatawan sebanyak mungkin mengunjungi Kampung wisata Tarung yang terletak di dalam Kota Waikabubak, Sumba Barat tercinta ini, " kata Robaka di kantornya, Kamis (9/8/2018) siang.

Baca: KPU Manggarai Barat Minta Masukan Masyarakat akan Tiga Hal Ini Terkait DCS dan DCT

Menurutnya, kampung Tarung merupakan aset wisata luar biasa kebanggaan masyarakat Sumba Barat. Harus diakui,sampai saat ini, masyarakat Kampung Tarung masih trauma dengan kebakaran tahun 2017 silam.

Namun hal itu tidak mengendurkan semangat juang warga Kampung Tarung bangkit dan membangun kembali rumah adatnya di Kampung Tarung.

Berangkat dari kejadian itu maka satpol pp dan Damkar Sumba Barat mengajak tokoh adat dan masyarakat Kampung Tarung bersama-sama menjaga keamaman dan ketertiban Kampung Tarung.

Caranya dengan melakukan patroli bersama tiga kali dalam seminggu terutama pada bulan wula poddu atau bulan suci agar tercipta suasana aman dan tentram.

Pemerintah dalam hal ini satpol PP dan Damkar yakin bila arus kunjungan wisatawan meningkat ke Kampung Tarung maka kehidupan ekonomi masyarakat Tarung meningkat pula. Karenanya keamanan menjadi kunci sukses meningkatnya kunjungan wisatawan ke kampumg Tarung yang patut mendapatkan perhatian serius segenap masyarakat daerah ini.

Ia menambahkan, telah membangun komunikasi dengan tokoh adat kampung Tarung tentang rencana membangun kebersamaan menjaga Kampung Tarung yang tertib dan tentram. Dan mendapat respons sangat baik dari tokoh adat Tarung. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang

Dijual untuk 'Nikah Bayaran' ke Cina, 11 Wanita Indonesia Disiksa Bak Hewan, Hukum Hambat Kepulangan

Berita Populer