Kanal

Pemda Perjuangkan RSUD Sumbar Jadi Rumah Sakit Rujukan Regional Sumba

Kadis Kesehatan Sumba Barat, drg. Bonar B Sinaga - POS-KUPANG.COM/Petrus Piter

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat terus berjuang agar rumah sakit umum daerah (RSUD) Waikabubak, menjadi rumah sakit rujukan regional di Pulau Sumba.

Secara geografis, RSUD Waikabubak, Sumba Barat, berada lebih dekat di antara Kabupaten Sumba Barat Daya dan Sumba Tengah ketimbang harus ke Waingapu, Sumba Timur yang jaraknya cukup jauh.

Salah satu persyaratan utama adalah ketersediaan tenaga dokter ahli dan fasilitas pendukung pelayanan kesehatan yang memadai.

Baca: Neneng Senang Bergabung Dalam Teater Syuradikara Ende

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Sumba Barat, drg. Bonar B Sinaga menyampaikan hal itu di kantornya, Senin (6/8/2018).

Menurut dokter Bonar, saat ini, RSUD Waikabubak memiliki 10 dokter ahli yakni dokter ahli kebidanan 2 orang, dokter ahli anak 2 orang, dokter bedah 2 orang, dokter ahli penyakit dalam 2 orang, anastesi 1 orang dan dokter ahli patologi klinik 1 orang.

Selain itu RSUD Waikabubak juga memiliki puluhan tenaga dokter umum, tenaga kebidanan, perawat dan tenaga teknis lainya.

Sedangkan terkait penyediaan fasilitas seperti gedung RSUD Waikabubak, secara bertahap, pemerintah terus membangun gedung baru yang memadai.

Misalnya, saat ini sedang dibangun ruang instalasi gawat darurat dan ruang kebidanan serta beberapa ruang lainnya.

Selain itu pemerintah juga berupaya mengadakan peralatan medis memadai agar maksimal memberikan pelayanan kepada pasien dan dukungan administrasi teratur pula.

Diakui, saat ini RSUD Waikabubak merupakan rumah sakit tipe C dan sedang mempersiapkan diri menghadapi tim akreditasi dari kementerian kesehatan RI. Mudah-mudahan berjalan sesuai harapan segenap masyarakat daerah ini. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang

Pengakuan Wanita Penabrak Anggota Polisi usai Terobos Rombongan Presiden Jokowi

Berita Populer