Kanal

Tes Kejiwaan Ulang, Masih Ada Lima Caleg yang Tidak Lulus

Suasana pengembalian dokumen kelengkapan Caleg di kantor sekertariat KPU Kabupaten TTU - POS-KUPANG.COM/Dion Kota

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Sebanyak 68 Caleg yang gagal mengantongi surat kesehatan rohani, usai dinyatakan tidak lulus tes kejiwaan di RSUD Gabrial Manek, Atambua, telah mengikuti tes kejiwaan ulang di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Naimata, Kupang. Sayangnya, lima Caleg masih dinyatakan tidak lulus tes kesehatan jiwa.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Kabupaten TTU, Hironimus Joni Tulasi Kepada POS- KUPANG.COM, Selasa (31/7/2018) melalui sambungan telepon selure.

Baca: Bersimpati ke Neno Warisman, Gerindra Mengaku Tak Terafiliasi Aksi Ganti Presiden

Hironimus mengatakan, usai melakukan tes kejiwaan di RSJ Naimata, Kupang pada Sabtu (28/7/2018) lalu, hasil tes kejiwaan para Caleg dikirim pihak RSJ Naimata ke RSUD Gabriel Manek, Atambua.

Pada Senin (30/7/2018) malam, pihak KPU Kabupaten TTU telah mengambil hasil tes kejiwaan para Caleg tersebut dan memberikan hasilnya kepada partai politik.

Hasilnya, ada lima orang Caleg yang kembali gagal mengantongi surat kesehatan rohani.

"Saya tidak ingat rincian nama dan asal partai politik caleg yang dinyatakan tidak lulus tes kejiwaan. Kelima caleg yang tidak lulus tes kesehatan jiwa, diminta untuk kembali melakukan wawancara di RSJ Naimata, Kupang hari ini. Kita berharap hasilnya bisa langsung diambil dan dimasukan ke KPU hari ini mengingat hari ini merupakan batas waktu terakhir memasukan dokumen kelengkapan Caleg, " ungkap Hironimus.

Hingga pukul 17.00 Wita sore, baru lima partai politik yang memasukan dokumen kelengkapan Calegnya. Sedangkan sisanya, belum memasukan kembali dokumen kelengkapan Calegnya.

Jika sampai pukul 00.00 Wita partai politik belum memasukan dokumen kelengkapan Calegnya, maka dianggap Caleg tersebut gugur.

" Masih ada 11 partai politik yang belum memasukan dokumen kelengkapan Calegnya. Jika sampai pukul 00.00 Wita hari ini dokumen kelengkapan Calegnya tidak dimasukan, maka caleg dari partai bersangkutan akan dianggap gugur. Sedangkan untuk Caleg yang belum bisa mengantongi surat keterangan sehat rohani hari ini, maka dianggap gugur," tegas Hironimus.

Terpisah, Sekertaris DPD PKS Kabupaten TTU, Arifintus Talan yang dikonfirmasi POS- KUPANG.COM terkait 11 Calegnya yang dinyatakan tidak lulus tes kesehatan jiwa di RSUD Gabriel Manek, Atambua mengatakan, Caleg yang bersangkutan telah mengikuti tes kesehatan jiwa ulang di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Naimata, Kupang pada Sabtu lalu.

Hasilnya, ke sebelas Caleg dari Partai PKS tersebut dinyatakan lulus kesehatan jiwa dan saat ini sudah mengantungi surat kesehatan jiwa. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer