Kanal

Mantan Dirut Bank NTT Akui Ada Polemik Rektor Undana Merangkap Jabatan

Daniel Tagu Dedo - Dok

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Mantan Direktur Utama Bank NTT, Daniel Tagu Dedo mengakui ada polemik terkait Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik Lukas Benu, M.Si, Ph.D menjabat Komisaris Independen Bank NTT.

Tagu Dedo awalnya enggan berkomentar. Ia beralasan kasus yang melibatkan Rektor Undana sebelumnya sudah diangkat. Tapi karena mengetahui kasus tersebut hendak disidik KPK, Tagu Dedo menyatakan siap memberi keterangan.

"Sebenarnya tidak mau komentar lagi terkait kasus ini. Kasus ini sudah pernah diangkat. Tapi kalau memang kasus ini hendak disidik oleh KPK, saya siap berikan keterangan. Saya akan omong apa adanya sesuai yang saya ketahui," kata Tagu Dedo yang mengaku sedang berada di Jakarta, saat dikonfirmasi Selasa (10/7/2018).

Baca: Rektor Undana Dilapor ke KPK, Diduga Korupsi Rp 6,2 Miliar di Bank NTT

Ia mengungkapkan, pada tahun 2017 pernah didatangi sejumlah orang membawa serta data. "Saya juga terkejut ketika didatangi. Mereka membawa data terkait hal ini. Namun saya tidak bisa buat apa-apa karena sudah tidak menjabat lagi sebagai dirut Bank NTT," jelas Tagu Dedo.

Terkait pernyataan Rektor Undana bahwa persoalan rangkap jabatan sudah selesai, Tagu Dedo mengatakan tidak tahu. Namun karena kembali diangkat, ia berharap Fred Benu segera klarifikasi ke Bank NTT.

"Ini kan sebenarnya urusan internal di Bank NTT. Tapi karena sudah keluar, saya pikir Pak Fred harus segera lakukan klarifikasi ke dalam," imbuhnya.

Mengenai jumlah kerugian, Tagu Dedo tidak tahu pasti. Menurutnya, semua data ada di manajemen Bank NTT.

Baca: Begini Reaksi Rektor Undana Ketika Mengetahui Dilapor ke KPK

"Kalau memang benar ini salah, hitungan saya kerugian lumayan banyak. Artinya, kalau memang KPK bilang salah, itu harus dikembalikan ke Bank NTT. Itu uang rakyat NTT," tegasnya.

Informasi yang dihimpun Pos Kupang dari berbagai sumber menyebutkan, sebagai salah satu calon Komisaris Independen Bank NTT kala itu, Fred Benu diminta melengkapi beberapa persyaratan termasuk meminta izin atasan langsungnya.

Fred Benu mencalonkan diri dan terpilih menjadi Komisaris Independen Bank NTT periode 2009-2013. Fred Benu yang saat itu menjabat Ketua Lembaga Penelitian Undana melampirkan surat izin dari Rektor Undana saat itu, Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App, Sc, Ph.D.

Baca: Didakwa Terima Suap Rp 5,9 Miliar, Marianus Sae Tidak Ajukan Eksepsi

Di penghujung tahun 2013, Fred Benu terpilih dan ditetapkan sebagai Rektor Undana. Ia dilantik Mendikbud tanggal 3 Desember 2013.

Halaman
12
Penulis: Sipri Seko
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang Cetak

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer