Kanal

Indahnya Pantai Walakiri Dengan Bakau Bonsai dan Sinar Sunset

Pengunjung sementara berfoto berlatarkan pohon bakau bonsai. - POS KUPANG/ROBERT ROPO

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU--Pantai Walakiri memang sudah sedikit terkenal di luar Kabupaten Sumba Timur karena memiliki pesona indah berupa deretan pohon bakau bonsai dan sinar Sunset yang terbenam di ufuk barat tepatnya di balik punggung semananjung Sasar.

Pantai Walakiri ini juga merupakan tempat favorit selain para wisatawan yang berkujung ke Sumba Timur, juga sebagai tempat foto pra weding, karena pantai ini cukup indah memiliki sederatan pohon bakau bonsai dan sinar Sunset.

Jika anda ingin menyaksikan indahnya sinar sunset di diantara pohon bakau bonsai yang ada di pantai itu, disarankan anda untuk datang pada sore hari mulai pukul 16.00 Wita sampai pada pukul 18.00 Wita.

Namun jika anda datang pada pagi hari, anda hanya bisa menikmati sejuknya pohon kelapa yang ada di bibir pantai itu, sambil menghabiskan bekal atau bercerita-cerita. Karena di saat pagi hingga sampai sore hari pukul 15.00 Wita air lautnya belum pasang surut di pantai itu.

Untuk lebih indah jika ingin berfoto dengan latarnya bagus sinar Sunset di antara pohon bakau bonsai harus air laut pasang surut, itu lebih indah. Apalagi dengan perahu motor yang dilabukan di area pantai itu menambah indahnya view di pantai itu.

Letak pantai ini memang cukup strategis, tepatnya di Kampung Walakiri Kelurahan Watumbaka Kecamatan Pandawai Kabupaten Sumba Timur.

Jika anda dari Kota Waingapu, anda ke arah timur mengikuti jalur jalan Nasional Sumba tujuan Melolo. Anda menempuh jalur jalan ini hanya sekitar 1 jam lamanya dengan jarak sekitar belasan Kilometer.

Di jalur ini memang anda tidak mengalami sakit badan, karena jalurnya cukup mulus seperti di jalan tol, namun anda perlu hati-hati karena beda jalan tol di Jakarta dengan jalan tol ini, jalan ini sering dilanggar oleh ternak milik warga apalagi saat sore hari.

Setelah anda sampai di Walakiri, ada tulisan di depan pintu masuk jalan menuju Pantai Walakiri berupa pantai Wisata Walakiri yang ada di bahu jalan Nasional Sumba itu. Kemudian anda belok kiri mengikuti jalan itu, jalan itu juga sudah diaspal dengan jarak sekitar 500 meter anda sudah bisa sampai di pantai yang anda impikan itu.

Dipantai ini juga ada tempat penginapan dan juga ada warung dan kios, sehingga anda boleh bisa menginap dan juga bisa membeli makanan dan minuman yang tersediah di warung-warung itu, tapi mohon maaf harganya sedikit lebih tinggi dari harga di pasar. Anda juga jika ingin minum kelapa mudah ada tersediah di pantai ini oleh warga setempat. Selamat menikmat indahnya pantai Walakiri. (*/Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer